Kampung Aman Covid 19, Cara Mengembalikan Daerah Menjadi Zona Hijau

Kampung Aman Covid 19, Cara Mengembalikan Daerah Menjadi Zona Hijau
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cigombong - Setelah Kecamatan Sukamakmur, Bupati Bogor Ade Yasin kembali meresmikan kampung aman Covid-19 di Kampung Tambakan, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Rabu (26/8/2020). 

Saat peresmian, ia meminta masyarakatnya tetap waspada akan penularan wabah virus corona karena saat ini merupakan gelombang kedua penularan wabah yang belum ditemukan obatnya ini.

“Saya minta pra adaptasi kebiasaan baru tidak diartikan pelonggaran protokol kesehatan. Justru sebaliknya kita harus semakin disiplin, dalam menghadapi situasi paling rawat penularan wabah Covid 19 seperti sekarang, kita membutuhkan kampung yang tangguh dan mampu mandiri menjaga wilayahnya dari virus Covid-19 hingga bisa menjadi zona hijau,” pinta Ade kepada wartawan.

Dia sangat mendukung pencanangan kampung aman Covid-19 di kampung Tambakan. Ia juga mengapresiasi berbagai kegiatan di desa tersebut.

“Pemkab Bogor tentunya sangat mendukung pencanangan kampung aman Covid-19 di Kampung Tambakan, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong dengan berbagai kegiatannya, antara lain gerakan bagi-bagi masker, bagi-bagi hand sanitizer dan sosialisasi secara masif peraturan-peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," sambungnya.

Ade berharap, dengan adanya kampung aman Covid-19 yang didukung semua orang termasuk tim pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) akan menumbuhkan kesadaran dan kemandirian masyarakat untuk bisa ikut menjaga kampungnya tetap aman dan terlindungi dari wabah Covid 19.

"Dengan adanya Kampung Aman Covid 19, selain berlangsungnya ketahanan pangan warga juga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat karena dengan berkegiatan di rumah, ternyata ada peningkatan jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),"  harap Ade.

Diwawancarai terpisah, Camat Cigombong Minarso bersyukur dari 11 desa itu 2 desa di antaranya terpilih menjadi Kampung Aman Covid 19 sehingga dengan adanya kampung-kampung ini maka harapannya tidak ada warga kampung tersebut yang terpapar wabah Covid 19.

"Dengan adaptasi kebiasaan baru yang berlangsung di Kampung Aman Covid 19, tentunya saya selaku Camat Cigombong berharap tidak ada warga kampung tersebut yang terpapar wabah Covid 19. Semoga dengan percontohan ini bisa ditiru kampung atau desa lainnya hingga Kecamatan Cigombong kembali menjadi zona hijau dimana saat ini masuk ke dalam zona kuning," tukas Minarso. (Reza Zurifwan)