Tiga Pemain Persib U-20 Mulai Gabung

Tiga Pemain Persib U-20 Mulai Gabung
Foto: Media Official Persib

INILAH, Bandung - Para pemain muda dari Persib U-20 akhirnya bergabung dengan tim senior. Namun dari empat yang dicanangkan, baru tiga pemain yang bergabung.

Ketiga pemain itu adalah Ardi Maulana yang beroperasi sebagai gelandang, Saiful yang beroperasi sebagai winger, dan Ravil Shandyka sebagai striker.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts membenarkan seharusnya empat pemain Persib U-20 yang akan menjalani trial bersama timnya.

"Ini merupakan rekomendasi, mereka harus punya kualitas dan kami akan menguji mereka. Jadi kami memberi waktu sepekan untuk melihat bagaimana mereka, apakah memenuhi standar atau tidak," kata Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).

Pelatih asal Belanda ini mengaku tidak bisa memaksakan satu pemain Persib U-20 yang kabarnya bernama M Rizha Setiawan itu. Cedera menjadi alasannya.

"Kabar terbaru yang kami dapat hari ini, ketika kami meminta dia untuk kembali ke Bandung, ternyata dia sedang cedera. Jadi kami masih harus memperhatikannya. Dan jika pemain U-20 ini tidak sesuai dengan standar, maka akan ada kandidat lain dan itu bisa saja dari tim U-18," jelasnya.

Robert memiliki keinginan besar untuk mempromosikan keempat pemain dari Persib junior ini. Menurutnya jumlah itu sudah lebih dari cukup.

"Saya pikir maksimal empat pemain itu cukup. Kami mau melanjutkan kualitas latihan dengan tidak membawa terlalu banyak pemain dan mereka harus masuk dalam standar di liga," bebernya

Dari hasil pengamatannya, ketiga pemain U-20 yang menjalani trial ini cukup membuatnya puas. Beberapa kriteria sudah sesuai dengan keinginannya.

"Dari apa yang salah lihat, mereka memiliki teknik, mempunyai kecepatan meski tubuh mereka masih cukup rapuh. Tapi saya rasa mereka masih bisa meningkat. Kesan pertamanya cukup bagus," ungkapnya.

Namun, Robert belum mau berkomentar mengenai kesempatan yang akan didapatkan di Liga 1 2020. Dia perlu melihat lebih jauh kualitas, terutama kebutuhan Persib di setiap pertandingannya.

"Terlalu cepat untuk membicarakan itu. Karena harus melihat realita yang ada seperti jadwal yang padat dan bagaimana perjalanan yang harus dilakukan, konsekuensi dari itu. Kami harus melihat realita siapa yang dimainkan dan kita lihat nanti apa yang terjadi," jelasnya.

Perekrutan pemain U-20 itu bertujuan untuk memenuhi regulasi di Liga 1 2020. Sesuai dengan keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB), seluruh tim diharuskan memiliki minimal pemain U-20. Bahkan kedua pemain itu diharuskan masuk di daftar susunan pemain di setiap laga meski tidak wajib dimainkan.

Persib sebenarnya sudah memiliki dua pemain U-20, yakni Beckham Putra Nugraha dan Mario Jardel. Namun Beckham diproyeksikan untuk timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Karena itu, diperlukan pemain tambahan U-20 untuk mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Beckham Putra Nugraha apabila benar-benar difokuskan membela timnas Indonesia U-20. (Muhammad Ginanjar)