Orang Tua Diimbau Tularkan Kebiasaan Membaca kepada Anak

Orang Tua Diimbau Tularkan Kebiasaan Membaca kepada Anak
INILAH, Bandung - Bunda Literasi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengatakan, kebiasaan baca akan mudah ditularkan dengan cara keteladanan. Cara ini diakuinya jitu dilakukan para orang tua saat berada di rumah bersama anak-anak.
 
"Bunda-bunda dan calon bunda harus mampu menjadi pembelajar pertama dan guru pertama bagi anak-anak. Sehingga, anak-anak mau dan gemar membaca buku," kata Atalia saat menjadi narasumber pada talkshow pameran buku Liga Buku Bandung di Gor Saparua, Sabtu (2/2/2019).
 
Menurutnya, kegemaran membaca itu bukan faktor genetik atau turunan. Namun, kebiasaan itu akan timbul jika orang tua mendekatkan anak-anak dengan buku.
 
"Kebiasaan-kebiasaan itu akan membuat anak merasa nyaman dengan buku dan akan merasa ketagihan membaca," ujarnya.
 
Namun, saat ini kenyataanya minat membaca buku di Jawa Barat terbilang masih rendah. Untuk itu, Atalia mengatakan anak-anak harus diberikan pilihan-pilihan dalam memilih buku bacaan agar mau membaca. Sebab, menyukai buku itu harus sesuai dengan minat si anak.
 
"Untuk membuat anak-anak suka membaca, orang tua sebaiknya menghadirkan buku-buku dengan tema yang kekinian dan sesuai kebutuhan si anak," tambahnya.
 
Selain itu, kaum milenial Jabar saat ini dimudahkan dengan adanya program Maca Dina Digital Library (Candil) melalui gadget. Program ini digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar untuk meningkatkan minat baca masyarakat.