Ratusan ASN Pemkot Sukabumi Jalani Swab Test Covid-19

Ratusan ASN Pemkot Sukabumi Jalani Swab Test Covid-19

INILAH, Sukabumi- Ratusan aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di wilayah Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, diperiksa swab sebagai langkah antisipasi sekaligus untuk mengungkap penyebaran COVID-19.

"ASN yang menjalani pemeriksaan swab ini, mulai dari kepala dinas hingga staf. Adapun pelaksanaannya di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Sukabumi," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, jumlah ASN yang diambil sampelnya untuk dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jabar, apakah terpapar virus atau tidak akan terus dilakukan pihaknya.

Bahkan, selain ASN, orang nomor satu di Kota Sukabumi ini menargetkan warga yang menjalani pemeriksaan swab minimal rasionya 1 per seribu jumlah penduduk.

Selain itu, Pemkot Sukabumi pun akan terus berupaya mengungkap kasus-kasus COVID-19 di Kota Sukabumi yang belum terungkap, karena yang dikhawatirkan saat ini adalah banyak temuan kasus yang pasiennya tidak mengalami gejala terinfeksi virus yang bisa menyebabkan kematian ini.

Setelah dilakukan pemeriksaan swab hasilnya positif. Maka dari itu penguatan tracking dan tracing, selain melakukan testing terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Pencegahan tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi kuncinya ada di tangan masing-masing warga yang harus bersama-sama dan bergotong rotong mencegaha penyebaran COVID-19 minimalnya menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya," ujarnya.

Sementara ​​​​​​, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi Wahyu Hendrayana mengatakan untuk data terbaru perkembangan COVID-19 pada Kamis, (27/8) jumlah warga yang terkonfirmasi positif sebanyak 121 orang.

Dari jumlah itu 161 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan lima lainnya masih menjalani isolasi serta belum ada kasus kematian. Kasus COVID-19 di Kota Sukabumi masih berfluktuasi yang sewaktu-waktu bisa bertambah.