Jacksen F. Tiago Susun Rencana jika Pemain Asingnya Belum Bergabung

Jacksen F. Tiago Susun Rencana jika Pemain Asingnya Belum Bergabung
Jacksen F. Tiago. (antara)

 

INILAH, Bandung - Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago sudah menyusun rencana cadangan untuk mengantisipasi pemain asingnya masih belum bergabung untuk mengarungi Liga 1 Indonesia pada 1 Oktober.

Laman resmi Liga Indonesia di Jakarta, Kamis, menyebutkan mereka masih menunggu kedatangan Arthur Cunha yang masih tertahan di Brasil, sedangkan Sylvano Comvalius memilih mundur dari skuad Mutiara Hitam.

"Arthur mungkin akhir bulan, Comvalius mengundurkan diri. Manajemen masih mengatur kembalinya Arthur karena dia memilih pulang saat pandemi. Taki, Thiago, dan saya tetap tinggal di Indonesia. Orang dari luar mau masuk Indonesia lebih rumit prosesnya," kata Jacksen.

Praktis pemain asing tinggal Thiago Amaral dan Takuya Matsunaga yang sudah bergabung dalam latihan bersama di Batu, Malang.

Ketidakhadiran Arthur dan Comvalius bakal mempengaruhi persiapan dan taktik yang telah dirancang sebelumnya.

"Semua akan balik, tapi saya jujur ya dari awal saya melihat peraturan dari dalam negeri. Saya susun materi tanpa mereka berdua karena saya berpikir mereka akan susah masuk ke Indonesia. Karena awal ketat sekali peraturannya," kata dia.

Jacksen mengaku selalu menyiapkan rencana lain bila ada kendala yang menimpa timnya mengingat sepak bola nasional sulit diprediksi. Begitu pula dengan Arthur, ia sudah memprediksi bakal sulit kembali secepat mungkin ke Indonesia.

Meski begitu, ia masih mengharapkan mantan pemain Arema FC itu datang dalam waktu dekat. Penyerang andalannya yang sama-sama berasal dari Brasil, Wander Luiz, bisa terbang kembali ke Indonesia.

"Kemarin aku lihat pemain Brasil banyak yang sudah masuk ke sini terus pemain Persib juga sudah balik sehingga mereka pasti bisa juga. Tinggal lihat nanti saja," kata dia. (antara)