HUT ke-75 RI, BPN Kabupaten Bogor Luncurkan si Manis

HUT ke-75 RI, BPN Kabupaten Bogor Luncurkan si Manis
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor Kembali meluncurkan program siap melayani antar sertifikat gratis (si Manis) untuk memberi kemudahan pemohon dalam mendapat sertifikat hak milik. Program ini didedikasikan dalam rangka HUT ke-75 RI.

"Masih  kaitan HUT kemerdekaan, kita ingin memberi layanan maksimal lewat si Manis agar warga yang tengah memroses sertifikat juga merdeka karena kita berikan layanan gratis dan sekaligus sertifikatnya di antar sampai ke rumah," ujar kepala Kantor BPN Kabupaten Bogor Sepyo Achanto kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Dia menuturkan, melalui program si Manis pihaknya telah melakukan verifikasi terhadap pemohon yang nomor kontaknya masih aktif dan bisa di hubungi.

"Program si Manis ini diprioritaskan untuk pemohon non kuasa agar bisa  menstimulasi masyarakat  supaya tidak takut lagi mendaftarkan tanahnya secara langsung ke BPN. Dengan  begitu pemohon langsung bisa diprioritaskan untuk mendapatkan pelayanan secara khusus," tuturnya.

Sepyo menjelaskan program si Manis ini  akan dikaji kembali keberlanjutannya. Sehingga tidak hanya untuk momen tertentu seperti HUT Kemerdekaan saja.

"Program si Manis ini program ke-8 BPN Kabupaten Bogor tentang penerbitan  sertifikat yang telah diantar ke pemiliknya langsung. Semoga ini bisa membantu masyarakat kita, apalagi dalam kondisi pandemi saat ini sekecil apapun yang bisa kita kerjakan pasti akan ada artinya," jelas Sepyo.

Sebelumnya, BPN Kabupaten Bogor juga telah menyelesaikan proses sertifikat milik masyarakat di 20 kecamatan di Kabupaten Bogor melalui program proyek operasi agraria daerah (Proda). Dalam program tersebut BPN sudah menerbitkan 111 sertifikat milik masyarakat. (Reza Zurifwan)