Ridwan Kamil Ogah Buru-buru Buka Bioskop

Ridwan Kamil Ogah Buru-buru Buka Bioskop
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memilih untuk tidak buru-buru merekomendasikan bioskop di Jawa Barat kembali buka. Mengingat, tingginya potensi penularan Covid-19 jika berada di ruang tertutup.

Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya ingin mengurangi tingkat keterparan Covid-19 di Jabar. Mengingat bioskop merupakan ruang tertutup, maka harus ada jaminan yang menyatakan lokasi tersebut steril dari potensi terpapar Covid-19.

"Ya ada dasarnya kami menghindari potensi-potensi di ruang dalam yang tidak bisa menjamin sterilitas. Kan kuncinya itu kalau AC-nya sentral, virus muter-muter di situ tidak ke luar," ujar Ridwan Kamil, Jumat (28/8/2020).

Berbeda halnya jika ada jaminan sirkulasi udara yang baik. Emil -sapaan Ridwan Kamil- menyampaikan, maka wacana pembukaan bioskop masih memungkinkan dilakukan. Kendati demikian, dia belum yakin kondisi bioskop dapat menjamin steril dari virus.

Karena itu pihaknya tetap tidak akan mengizinkan. Termasuk pula pada tempat hiburan malam yang cenderung berlokasi dalam ruang tertutup.

"Jadi sementara belum ada wacana pembukaan pembukaan dari level provinsi rekomendasi untuk hiburan-hiburan malam yang cenderung AC-nya masih sentral termasuk bioskop," pungkas Emil. (Rianto Nurdiansyah)