Nike dan Neymar Berpisah Setelah Bermitra Selama 15 Tahun

Nike dan Neymar Berpisah Setelah Bermitra Selama 15 Tahun
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Produsen peralatan olahraga Nike dan megabintang Neymar akhirnya berpisah setelah bermitra selama 15 tahun, demikian dilansir AFP.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa Neymar bukan lagi atlet Nike," kata juru bicara Nike Josh Benedek dalam surat elektroniknya kepada AFP.

Laporan-laporan media mengatakan pemain Paris St Germain (PSG) 28 tahun itu sedang melakukan pembicaraan dengan pesaing Nike, Puma. Laman berita Brasil UOL mengatakan Nike dan Neymar gagal mencapai kata sepakat mengenai besaran yang akan diterima sang pemain dalam kontrak barunya.

UOL juga mengatakan hubungan antara Nike dan agen-agen Neymar telah bermasalah sejak beberapa bulan silam. Tim komunikasi Neymar belum merespon permintaan AFP untuk memberi komentar.

Puma pun belum memberi respon terhadap pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah perusahaan itu berusaha merekrut Neymar.

Surat kabar Brasil Folha de Sao Paulo mengatakan kesepakatan terakhir Neymar dengan Nike merupakan kontrak berdurasi 11 tahun yang semestinya habis pada 2022. Kontrak itu total bernilai 105 juta dolar.

Neymar, yang belakangan gagal mengantar PSG menjuarai Liga Champions, menggenggam rekor untuk transfer pesepak bola termahal sepanjang sejarah. PSG harus mengeluarkan dana sebesar 222 juta euro untuk mendatangkannya dari Barcelona pada 2017.

Majalah Forbes memperkirakan pendapatan Neymar pada tahun ini bernilai sebesar 95,5 juta dolar, termasuk dari kesepakatan endorse. Neymar pertama kali dikontrak Nike saat ia mencuri perhatian sebagai pemain muda di klub Brasil Santos, yang menjualnya ke Barcelona pada 2013.

Dengan gaya busana khasnya, tato, gaya rambut yang kerap berganti, dan banyak pengikut di media sosial, sang pemain segera mendapatkan popularitas di panggung internasional.

Namun ia sempat tersandung kasus penggelapan pajak terkait transfernya ke Barca. Citranya semakin buruk setelah pada tahun lalu seorang perempuan Brasil menuduh Neymar telah memperkosanya.

Saat itu Nike mengekspresikan kesedihan mendalamnya, namun mereka tetap membela sang pemain setelah polisi menutup kasus itu akibat minimnya barang bukti. Di atas lapangan hijau, Neymar masih akan mengenakan Nike. Perusahaan AS itu merupakan pemasok perlengkapan olahraga untuk PSG dan timnas Brasil.

Nike telah menjadi sponsor sejumlah atlet paling ikonik di dunia, termasuk Michael Jordan, LeBron James, Cristiano Ronaldo, Serena Williams, dan Tiger Woods. (antara)