Ini Cara Diskannak Kab Bogor Membina Kemandirian Kelompok Perikanan

Ini Cara Diskannak Kab Bogor Membina Kemandirian Kelompok Perikanan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan lomba kelompok perikanan. Jal ini dilakukan untuk memotivasi para pelaku usaha perikanan untuk terus meningkatkatkan usahanya menjadi lebih baik, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota.

"Di kegiatan lomba kelompok perikanan ini kami mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada kelompok pembudidaya ikan hias dan kelompok Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang memenangkan lomba di tahun ini," ucap Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Oetje Subagdja, akhir pekan kemarin.

Dia menerangkan, penilaian lomba kelompok perikananini pada dasarnya merupakan salah satu metode pembinaan dan sekaligus sebagai ajang untuk mengevaluasi peningkatan kualitas kelompok sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat dan peran serta pembudidaya dalam pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Bogor.  

"Lomba kelompok perikanan yang dilaksanakan pada tahun 2020 ini terdiri dari dua kategori yaitu kelompok pembudidaya ikan hias dan kelompok unit pembenihan rakyat. Adapun aspek penilaian lomba meliputi yaitu administrasi kelembagaan, perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengawasan," terangnya.  

Aspek penilaian lomba ini menurut Oetje dituangkan dalam bentuk kuesioner instrumen penilaian kelompok pelaku utama perikanan dengan variabel (bobot) menggunakan sistem skoring.

"Peserta lomba yang diikutsertakan berasal dari pelaku utama perikanan di Kabupaten Bogor yang diusulkan oleh penyuluh perikanan pada masing-masing wilayah.  Berdasarkan hasil seleksi administrasi dan penilaian ke lapangan oleh tim juri, telah ditetapkan pemenang lomba pada masing-masing kategori. 
Untuk kategori Pembudidaya Ikan Hias : juara I kelompok Aquafish dari Kecamatan Cibinong, juara II kelompok Mina Hias Amanah dari Kecamatan Ciomas.  Adapun untuk kategori Unit Pembenihan Rakyat,  Juara I kelompok Mina Bakti dari Kecamatan Dramaga, juara II kelompok Sinar Jaya dari Kecamatan Ciampea dan juara III Kelompok Mina Anugrah Sejahtera dari Kecamatan Caringin," tutur Oetje.

Dalam kesempatan yamg sama, ia meminta agar kelompok penerima penghargaan dapat terus meningkatkan semangat kelompok untuk lebih menguatkan kelembagaan kelompok serta meningkatkan produtivitas dan kompetensi.  

"Peningkatan kompetensi kelompok dilakukan melalui  pengembangan dinamika kelompok, pengelolaan administrasi dan keuangan kelompok secara professional, membangun jejaring usaha dan pemasaran serta pengembangan dan peningkatan kelas kemampuan kelompok. Selain itu Dinas Perikanan dab Peternakan, termasuk penyuluh dan UPT akan selalu berharmonisasi dengan kelompok petani," pintanya.

Oetje menjelaskan Bumi Tegar Beriman dengan iklim yang dimilikinya (kelayakan lahan dan air, kisaran suhu, curah hujan, dan sebagainya) telah menunjukkan kesesuaian yang cukup tinggi untuk digunakan sebagai lahan usaha budidaya berbagai spesies ikan, baik ikan konsumsi maupun ikan hias.  

"Hampir semua spesies ikan budidaya air tawar yang dipelihara dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.  Selain ditunjang dengan potensi perikanan yang cukup besar, sektor perikanan di Kabupaten Bogor memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan sumber daya manusia, penyediaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan dan penciptaan lingkungan yang lestari. Untuk itu diperlukan sumberdaya manusia perikanan yang berkualitas, solid, dinamis dan mandiri serta mampu membangun bisnis perikanan yang berkelanjutan dan berdaya saing," jelas Oetje.

Ia melanjutkan saat ini Kabupaten Bogor memiliki para pembudidaya ikan yang secara relatif memiliki kemampuan teknis budidaya yang cukup baik dibanding daerah sentra produksi lainnya, mengingat historis yang cukup panjang dan akses terhadap inovasi maupun teknologi baru yang lebih mudah. 

"Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pembudidaya ikan di Kabupaten Bogor, maka penguatan kelembagaan sangat diperlukan untuk meningkatkan kerjasama antar pembudidaya.  Oleh karena itu, pembudidaya ikan yang tergabung dalam kelompok pembudidaya ikan senantiasa diberikan peran agar mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan perikanan budidaya dan salah satunya melalui lomba ini," lanjutnya. (Reza Zurifwan)