Youtube Mulai Uji Coba Fitur PiP untuk iOS

Youtube Mulai Uji Coba Fitur PiP untuk iOS
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Youtube dilaporkan telah mulai menguji coba fitur gambar dalam gambar atau picture-in-picture (PiP) untuk aplikasi iOS, yang memungkinkan pengguna terus menonton video di jendela kecil sambil membuka aplikasi lain.

Apple, sebelumnya telah mengaktifkan fitur tersebut untuk pengguna iPad dengan iOS 9 dan untuk pengguna iPhone dengan iOS 14. Namun, Youtube tidak pernah mendukung fitur tersebut, hingga saat ini.

Masih dalam tahap pengujian, dikutip dari laman Gadgets 360, Minggu, fitur PiP kemungkinan akan diluncurkan secara bertahap dan peluncuran publik diharapkan segera dilakukan.

Laporan 9to5Mac menyebutkan bahwa beberapa pengguna Twitter memposting tentang fitur PiP yang diluncurkan oleh aplikasi Youtube di platform iOS.

Beberapa pengguna juga mengatakan bahwa fitur tersebut hanya berfungsi pada beberapa video, yang menunjukkan bahwa fitur PiP Youtube masih dalam tahap uji coba. Laporan 9to5Mac juga mengonfirmasi bahwa fitur tersebut sedang diuji coba pada sekelompok kecil pengguna.

PiP menawarkan cara untuk terus menonton video sambil membuka aplikasi lain. Pengguna dapat mulai memutar video di aplikasi dan saat mereka menutupnya, video tersebut akan terus diputar di jendela yang lebih kecil di layar. Pengguna dapat membuka dan mengoperasikan aplikasi lain sementara jendela terus memutar video.

Namun, Youtube hanya mengizinkan pengguna memutar video di latar belakang saat mereka berlangganan Youtube Premium. Sehingga, perlu berlangganan Youtube Premium untuk mendapatkan fitur tersebut.

Dengan Youtube Premium, pengguna bisa mendapatkan pengalaman menonton bebas iklan dengan dukungan pemutaran video di latar belakang. Layanan tersebut juga termasuk dengan langganan Youtube Music Premium. (antara)