Polres Karawang Ciduk Komplotan Spesialis Pembobol Mini Market

Polres Karawang Ciduk Komplotan Spesialis Pembobol Mini Market

INILAH, Bandung - Satuan Reserse Kriminal Polres Karawang menciduk empat pelaku spesialis pembobol mini market. Mereka, telah membobol mini market sebanyak 14 kali.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan, kejadian pembobolan minimarket terjadi pada tanggal 7 Mei 2020, di Alfamart yang berlokasi di kampung Kerajan Rt/Rw 002/002 Desa Kertasari, Kecamatan Rengasdengklok.

"Para tersangka memasuki minimarket dengan cara membuka genteng yang terbuat dari baja ringan dengan kunci pas dan mendobrak atap toko," ucap Erdi dalam keterangan persnya, Minggu, (30/8/2020).

Lebih lanjut, Erdi menjelaskan, pengungkapan tersebut berawal dari video pencurian bahwasanya ada kesamaan antara tato dan juga keterangan dari masyarakat kemudian dilakukan pengejaran oleh anggota Resmob.

Keempat pelaku pun masing-masing memiliki peran dalam aksinya. Dua diantaranya masuk ke minimarket, sementara yang lainnya mengawasi diluar mini market.

"Pelaku berjumlah 4 orang berinisial LR, BS, HS dan SA, modusnya 2 orang tersangka memasuki Alfamart dan 1 orang mengawasi dari luar minimarket," ujar Erdi.

"Pelaku mengambil barang-barang seperti berbbagai macam merk rokok, susu, farpum dan kosmetik, dan total kerugian yang dialami 26 juta," sambungnya.

Terpisah, Kasat Reskim Polres Karawang, AKP Olestaha Ageng Wicaksana menuturkan, berdasarkan pengakuan para pelaku, diketahui komplotan ini sudah beraksi sebanyak 14 kali.

"Para pelaku sudah membobol minimarker kurang lebih di 14 TKP di daerah Karawang," ujar Ageng.

Atas perbuatan pelaku, Ageng menambahkan para pelaku diganjar dengan Pasal 363 KHUPidana dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara. (Ridwan Abdul Malik)