Gegara Pajero Sport, Mantan Kalapas Terancam Penjara 20 Tahun

Gegara Pajero Sport, Mantan Kalapas Terancam Penjara 20 Tahun

INILAH, Bandung – Mantan Kepala Lapas Sukamiskin yang juga terpidana korupsi Wahid Husein kembali terancam pidana penjara 20 tahun. Dia kembali didakwa menerima suap sebuah mobil Pajero Sport dari Radian Azhar (penuntutan terpisah).

Hal itu terungkap dalam sidang kasus dugaan suap dengan terdakwa Wahid Husein di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Senin (31/8/2020). 

Dalam dakwaannya, jaksa penuntut umum dari KPK Eko Wahyu Prayitno menyatakan, terdakwa sebagai pegawai negeri, Kalapas Sukamiskin telah menerima hadiah atau janji, yakni satu unit mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakkar 4x2 seharga Rp517 juta dari Radian Azhar. 

"Padahal patut diduga pemberian tersebut buat menggerakan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya," katanya saat membacakan berkas dakwaan. 

Yaitu, JPU KPK menjelaskan, terdakwa patut menduga jika pemberian mobil tersebut agar Radian Azhar dapat ditunjuk sebagai mitra kerja sama di Lapas Sukamiskin, dan itu bertentangan dengan kewajibannya sebagai penyelenggara negara. 

Atas perbuatan tersebut terdakwa dijerat pasal 11 ayat huruf a  atau kedua pasal 11 atau ketiga pasal 12 huruf b Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman maksimal lima tahun penjara.

Atas dakwaan tim JPU KPK tersebut, terdakwa dan kuasa hukumnya tidak akan mengajukan eksepsi. Sidang yang dipimpin Daryanto pun ditunda pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi. (ahmad sayuti)