Bappenda Kabupaten Bogor Kejar Target Pendapatan Rp1,4 Triliun

Bappenda Kabupaten Bogor Kejar Target Pendapatan Rp1,4 Triliun
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Sejauh ini, target pendapatan dari pajak daerah di Kabupaten Bogor mencapai lebih dari 80% atau sekitar Rp1,12 triliun. Selama 100 hari tersisa, Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor pun akan mengejar target angka Rp1,4 triliun.

"Selama sisa 100 hari efektif ke depan, hingga akhir tahun kita mengejar target pendapatan dari pajak daerah ke angka Rp1,4 triliun," ucap Kepala Bappenda Kabupaten Bogor Arif Rahman kepada wartawan, Senin, (31/8/2020).

Dia menerangkan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya agar target pendapatan pajak daerah yang dibebankan.

"Kami saat ini kurang Rp184 miliar untuk mencapai target dan untuk mengejar kekurangan itu kami akan memaksimalkan operasional mobil keliling. Selain itu, ada program diskon 10 persen dan melibatkan jaksa dalam penagihan piutang pajak. Ada peningkatan yang cukup tajam pendapatan pajak daerah dari ketiga program kerja diatas," terangnya.

Arif menjelaskan program relaksasi pajak daerah bagi usaha-usaha yang terdampak pandemi wabah virus corona juga cukup mengatrol potensi dan pendapatan dari pajak daerah.

Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin berharap pandemi Covid-19 tidak terlalu berdampak kepada pendapatan pajak daerah atau pendapatan asli daerah (PAD). Untuk mewujudkannya, jajaran Pemkab Bogor pun melaksanakan berbagai upaya pemulihan.

"Pemkab Bogor sudah membagi tim pemulihan ekonomi dan kesehatan, untuk tim pemulihan ekonomu selain berupaya menselesaikan target PAD kami juga akan memberikan bantuan sosial ke karyawan yang di-PHK dan pelaku UMKM. Kalau untuk pemulihan kesehatan, ini bagian dari pencegahan dari semakin terpuruknya ekonomi," tukas Burhanudin. (Reza Zurifwan)