Air Mancur Menari Purwakarta Sedang Butuh Perhatian

Air Mancur Menari Purwakarta Sedang Butuh Perhatian
istimewa

INILAH, Purwakarta – Pertunjukan air mancur menari di Taman Sribaduga (Situ Buleud) Kabupaten Purwakarta, sejak beberapa bulan ini tak beroperasi. Bukan tanpa alasan, karena saat ini Covid-19 tengah mewabah.

Namun, ternyata bukan hanya itu alasannya. Tapi, saat ini area wisata di tengah kota ini sedang menjalani perawatan. Mengingat, ada beberapa fasilitas penunjang air mancur di lokasi ini dalam kondisi rusak.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, air mancur menari di areal Taman Sribaduga (Situ Buleud) memang sudah butuh perhatian. Pasalnya, ada beberapa fasilitas di taman aktif besar ini dalam kondisi rusak. Salah satunya, kerusakan di sejumlah komponen mekanikal elektrika untuk pengoperasian air mancur menari.

“Ada kerusakan di komponen elektrikal yang memakai kabel fiber optic, termasuk mesin pompa air. Mumpung sedang tidak beroperasi, kami perbaiki dulu,” ujar Anne, Selasa (1/9/2020).

Selain itu, lanjut Anne, kerusakan juga terjadi di pipa saluran air karena faktor korosi. Menurut dia, jika seluruh kerusakan ini dibiarkan, khawatir malah tambah parah. Karena, dipastikan pipa tersebut tak akan kuat menahan tekanan air.

“Intinya sudah harus ada perawatan,” tegas dia. 

Menurut dia, kerusakan yang terjadi ini dianggap wajar. Mengingat, sejak pembangunannya selesai pada 2017 lalu sampai saat ini belum ada perbaikan lagi yang dilakukan oleh pemerintah. Jadi, memang sudah harus direvitalisasi.

“Pertama kan sudah lama sekali pipa-pipa dan tiang penyangga panggung di tengah situ itu terendam air. Khawatir korosi kan, nanti ambruk. Atau pipa yang menahan tekanan airnya pecah,” jelas dia.

Anne menambahkan, keberadaan Taman Sribaduga (Situ Buleud) selama ini menjadi salah satu andalan untuk pendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Purwakarta. Tak hanya itu, sejauh ini kawasan taman kota tersebut juga menjadi penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ke daerah ini.

“Kami rasakan, bagaimana perekonomian masyarakat menjadi lesu dikala tak ada pertunjukan Air Mancur di kawasan ini,” jelas dia.

Selama ini, keberadaan air mancur menari di Situ Buleud cukup berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi warganya melalui Usaha Mikro Kecil Menengah lokal. Namun, dengan penghentian sementara air mancur, perekonomian warganya turut lesu. (Asep Mulyana)