UPI Gelar Masa Orientasi Kampus Secara Daring

UPI Gelar Masa Orientasi Kampus Secara Daring
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Di masa pandemi Covid-19 ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tetap menggelar Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) 2020. Namun, sesuai protokol kesehatan kegiatan tersebut digelar secara daring.

Ketua Pelaksana Mokaku 2020 Suwatno mengatakan, kegiatan awal masa kuliah itu diikuti sebanyak 10.142 mahasiswa. Tak hanya itu, sejumlah mahasiswa baru ada yang mengikuti secara luring yang diikuti 15 mahasiswa perwakilan 8 Fakultas, 5 UPI Kampus daerah, dan 2 mahasiswa unsur Sekolah Pascasarjana.

"Mokaku sendiri dilaksanakan selama 3 hari pada 1-3 September 2020 di Gedung Ahmad Sanusi. Upacara penyelenggaraan Mokaku terpusat di Kampus Bumi Siliwangi," kata Suwatno di Kampus UPI Bandung, Selasa (1/9/2020).

Menurutnya, selama Mokaku berlangsung acara ini diisi dengan berbagai informasi yang mengupas tentang sistem pendidikan di perguruan tinggi. Mulai dari bidang akademik maupun non-akademik, hingga isu-isu nasional dan kebangsaan. Semisal radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, dan korupsi. 

Sementara itu, Rektor UPI Solehuddin menambahkan pandemi Covid-19 bukan merupakan halangan dan rintangan besar untuk menciptakan manusia Indonesia yang unggul dalam meraih daya saing untuk menciptakan kemajuan bangsa. Keunggulan inilah yang menjadi nilai utama dalam membangun generasi emas Indonesia yang cerdas dan berkarakter.

"Walaupun situasi seperti ini tidak memungkinkan kita untuk mengekspresikan diri secara penuh, tetaplah menjadi orang yang bersyukur kepada Tuhan Yang Masa Esa dan menjaga jati diri sebagai mahasiswa UPI. Mengajak seluruh sivitas akademika UPI untuk menyambut mahasiswa baru ini dengan penuh harapan, doa dan dorongan agar mereka berhasil menjalani kehidupan akademik dan non-akademik di kampus tercinta ini," paparnya. (Okky Adiana)