Hari Jadi ke 72 Polwan, Kapolri Minta Polwan Terus Berkarya

Hari Jadi ke 72 Polwan, Kapolri Minta Polwan Terus Berkarya
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengajak para polwan untuk terus berkarya dan menjalankan peran sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke 72 kepada seluruh polisi wanita RI di mana pun bertugas. Teriring doa, semoga polwan RI dapat terus berkarya dan menunjukkan eksistensinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," kata Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono membacakan sambutan dari Kapolri Idham Azis, di Aula Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Komjen Gatot menyampaikan bahwa Kapolri mengucapkan terima kasih kepada para polwan atas dedikasi, kontribusi, prestasi dan pengabdian kepada masyarakat dan NKRI selama 72 tahun.

Pihaknya mengajak para polwan untuk menjadikan peringatan Hari Jadi Polwan tahun ini sebagai momentum untuk memperkuat soliditas dan meningkatkan kinerja di tengah pandemi Covid-19. Saat ini jumlah polwan di Indonesia tercatat ada 24.506 personel yang terdiri dari tiga perwira tinggi, 1.567 perwira menengah, 355 perwira pertama dan 19.581 bintara.

Sejumlah jabatan strategis, baik di Mabes Polri, Polda, Polres maupun Polsek saat ini telah banyak diisi oleh para polwan. Untuk itu, Kapolri meminta para polwan untuk bekerja lebih baik lagi dan menunjukkan prestasi.

Terkait pelaksanaan kebijakan adaptasi kebiasaan baru, Polri bertugas mengawasi dan membina masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19, pihaknya pun memberikan penekanan kepada para polwan untuk menjadi teladan bagi masyarakat, keluarga dan sesama personel Polri dalam berdisiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker secara benar, menjaga jarak dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kemudian polwan harus berperan aktif mendukung pelaksanaan tugas-tugas Polri terkait penanganan Covid-19 sesuai kemampuan dan kewenangannya, seperti membagikan masker, memberi imbauan, membantu dapur umum dan memakamkan jenazah korban Covid-19. "Jangan melakukan perbuatan yang kontraproduktif dan merugikan institusi Polri," ujarnya.

Kapolri juga meminta agar para polwan mengatur waktu sebaik-baiknya untuk menjalankan peran ganda polwan sebagai istri atau ibu maupun sebagai anggota Polri. Selanjutnya terkait rencana pelaksanaan Konferensi Polwan Internasional di Yogyakarta pada September mendatang, Kapolri meminta agar persiapan dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Terakhir, Kapolri berpesan kepada para polwan untuk terus melakukan kebaikan. "Bekerja baik saja belum tentu dinilai baik oleh masyarakat, apalagi jika kita bekerja tidak baik, maka teruslah melakukan kebaikan. Biarkan proses alam dan Tuhan yang menilai apa yang telah kamu kerjakan," katanya. Pelaksanaan rangkaian Hari Jadi ke 72 Polwan ini telah dilaksanakan secara bertahap mulai dari 4 Agustus 2020 hingga 28 Agustus 2020 dan puncak peringatan pada Selasa.

Rangkaian acara tersebut yakni penyaluran bakti sosial berupa 1.000 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Kemudian penanaman 2.000 benih ikan dan 500 bibit pohon di Polres Bekasi Kabupaten, Polres Bekasi Kota dan Polres Depok.

Pelaksanaan donor darah yang melibatkan 198 orang terdiri dari anggota Polri dan PNS Polri. Selain itu dilakukan napak tilas di Monumen Polwan Esti Bhakti Warapsari yang dilaksanakan Tim Napak Tilas Mabes Polri bersama perwakilan Polda Sumbar dan Polres Bukittinggi.

Kemudian upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, penanaman pohon dan olah raga bersama Ibu Asuh Polwan, Fitri Idham Azis diiringi dengan marching band polwan. Kemudian pengiriman souvenir ibu asuh polwan pada masanya dan para sesepuh polwan. (antara)