Biar UMKM Cijeruk Maju, Kini Ada Moko

Biar UMKM Cijeruk Maju, Kini Ada Moko

INILAH, Cijeruk - Pemerintah Kecamatan Cijeruk bersama  Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kabupaten Bogor melaunching mobil toko (moko), Moko ini akan menjadi gallery produk UMKM asal Kecamatan Cijeruk.

"Hari ini kami melaunching Moko, para pelaku UMKM asal Kecamatan Cijeruk bisa menitipkan produknya dan Moko ini dikelola oleh Forum UMKM Kecamatan Cijeruk," ucap Camat Cijeruk Hadijana kepada wartawan, Rabu, (2/9/2020).

Pria yang pernah meraih hadiah mobil dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat karena ketaatan masyarakatnya dalam membayar pajak kendaraan bermotor ini menerangkan bahwa Moko ini sehari-hari beroperasi di Kantor Kecamatan Cijeruk, namun tidak menutup kemungkinan hadir di event-event di luar kecamatan.

"Moko produk UMKM ini bisa beroperasi di Kantor Kecamatan Cijeruk namun juga bisa di luar kantor baik di event-event maupun objek wisata yang ada di Kecamatan Cijeruk," terangnya.

Hadijana menuturkan jajarannya memerintahkan 9 pemerintah desa (Pemdes)  menyertakan permodalan untuk selanjutnya membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Koperasi UMKM.

"Pelaku UMKM ini kan ribuan dan pasti tidak semuanya mendapatkan bantuan hibah uang sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah pusat, oleh karena itu 9 Pemdes saya minta setidaknya menyertakan modal sebesar Rp 100 juta untuk membentuk BUMDes Koperasi UMKM pada Tahun 2021 mendatang dan pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman lunak untuk mengembangkan usahanya," tutur Hadijana.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat mengapresiasi inovasi Pemcam Cijeruk yang telah melaunching Moko Produk UMKM.

"Apa yang dilakukan Pemcam Cijeruk dengan Moko Produk UMKM maupun rencana pembentukan BUMDes Koperasi UMKM ini merupakan yang pertama dan inovasi ini tentunya kita apresiasi," kata Asep.

Mantan Camat Citeureup ini menjelaskan UMKM yang tergabung di Forum UMKM akan difasilitasi dan dibantu kepengurusan perijinan usahanya di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

"Sesuai instruksi Bupati Bogor Ade Yasin maka para pelaku UMKM yang memenuhi syarat-syarat akan kamu bantu kengurusan perijinan usahanya, hal ini kami lakukan demi majunya usaha mereka. Selain itu kami juga ada program pembinaan dan memfasilitasi pinjaman modal ke dunia perbankan," jelasnya. (Reza Zurifwan)