Kota Bandung Bidik Juara Umum MTQ ke-36 Tingkat Provinsi

Kota Bandung Bidik Juara Umum MTQ ke-36 Tingkat Provinsi
istimewa

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap Kota Bandung kembali menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-35 di Kabupaten Subang. Sejauh ini, Kota Bandung telah tujuh kali secara beruntun menjadi juara umum di ajang tersebut.

“Mudah-mudahan bisa meraih kembali juara umum yang ke-8 di MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat. Kita sudah tujuh kali berturut-turut mendapatkan juara umum,” kata Oded, Rabu (2/9/2020).

Dengan persiapan yang matang, dia mengapresiasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Bandung yang telah melakukan pembinaan tiga tahap kepada anggota kafilah.

“Saya berterima kasih kepada para pembina, pendamping dan panitia yang mampu membangun super tim dengan mengutamakan kekompakan dan bukan menonjolkan ego sektor atau perorangan,” ucapnya.

Diketahui, penyelenggaraan MTQ ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat akan dilaksanakan di Kabupaten Subang pada 3-11 September mendatang. Oded berpesan agar anggota kafilah tetap memperhatikan protokol kesehatan selama berlangsungnya rangkaian kegiatan MTQ.

“Dalam suasana pandemi Covid-19 mereka harus jaga jarak, bermasker dan mencuci tangan sesering mungkin agar terhindar dari paparan. Jaga urusan makanan dan suplemen selama berlangsung acara,” ujar dia.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Bandung selaku Ketua I LPTQ Kota Bandung Asep Saeful Gufron mengatakan Kota Bandung siap menghadapi MTQ tahun ini. Hal itu diperkuat dengan serangkaian pembinaan yang telah dilakukan oleh kafilah.

“Berdasarkan hasil evaluasi terpadu komponen kalifah, alhamdulillah peserta mengalami progres kemampuan dan kesiapan untuk tampil. Pembinaan dilakukan 3 tahap,” kata Asep.

Dia mengungkapkan, kafilah yang akan mengikuti MTQ Ke-36 tingkat Jabar di Kabupaten Subang berjumlah sebanyak 120 orang. Adapun serangkaian acara yang akan diikuti oleh Kafilah MTQ Kota Bandung yaitu berjumlah 11 cabang dan 19 kategori.

“Kafilah yang akan berangkat terdiri dari pembina, peserta, pendamping, sekretariat (official) dan panitia. Alhamdulillah seluruhnya dalam keadaan sehat wal’afiat,” ucapnya. (Yogo Triastopo)