KBRI Paris Adakan Peluncurkan Buku "Beyond Java"

KBRI Paris Adakan Peluncurkan Buku "Beyond Java"
Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir. (antara)

 

INILAH, Jakarta - KBRI Paris mengadakan acara peluncuran buku Beyond Java yang dibuat oleh seorang fotografer Prancis, Marius Moragues, guna memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Prancis.

“Semangat dan kegigihan bangsa Indonesia, keterbukaan, keramahan, kearifan, dan kejujuran yang tercermin dari ekspresi wajah masyarakat Indonesia dalam  foto-foto di buku Mr. Marius Moragues, adalah karakter kuat yang menjadi fondasi hubungan antarmasyarakat kedua negara,” kata Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir dalam peluncuran buku tersebut di Paris, Selasa malam (1/9), seperti disampaikan melalui rilis KBRI.

Peluncuran buku Beyond Java ini dilaksanakan secara terbatas dan dihadiri wakil anggota parlemen Prancis, beberapa wakil pemerintah serta anggota media setempat.

Acara ini diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Para tamu yang datang diukur suhu tubuhnya, dan diminta untuk menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker.

Oleh karenanya, Dubes Arrmanatha bersyukur bahwa semangat dan upaya untuk menyukseskan acara ini tidak dapat dihentikan walau adanya keterbatasan fisik dan protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Dubes RI juga menyampaikan harapan agar buku ini meningkatkan semangat pembangunan dan persahabatan bagi masyarakat kedua negara dan rakyatnya.

“Untuk masa depan kemitraan Indonesia dan Prancis yang inovatif, kokoh, dan komprehensif,” kata Arrmanatha.

Marius Moragues adalah seorang fotografer berpengalaman asal Prancis. Ia telah berkeliling pulau Sumatera dan Jawa dan lokasi lainnya di Indonesia sejak lima tahun yang lalu untuk mencari objek foto.

Karena itu, ia cukup baik mengenal Indonesia, telah mempelajari keberagamannya, dan bahkan dapat berbicara Bahasa Indonesia dan sedikit Bahasa Jawa.

Dubes RI menyampaikan bahwa beberapa kegiatan yang semula direncanakan untuk menunjukkan kedekatan hubungan masyarakat kedua negara, seperti Borobudur Marathon di Paris, Festival Gastronomi Indonesia, dan pagelaran budaya terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19.

Namun, Arrmanatha menekankan bahwa Covid-19 tidak mempengaruhi semangat dan upaya penguatan kerja sama kedua negara. Hal ini tercemin dari kerja sama dan solidaritas yang tinggi, dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19 seperti melalui Badan Pembangunan Prancis (Agence Française de Développement/AFD) dan perusahaan-perusahaan Prancis di Indonesia.

Di tengah pandemi, kerja sama ekonomi juga masih terus terlaksana dengan adanya berbagai perusahaan Prancis yang masih melakukan kerja sama dengan perusahaan Indonesia.

Dalam upaya untuk terus memperkuat kerangka kerja sama mitra strategi RI-Prancis tahun ini, kedua negara direncanakan penandatanganan tiga kesepakatan penting, yaitu Plan of Action of Indonesia-France Strategic Partnership, Defense Cooperation Agreement, serta Maritime Dialogue Cooperation, yang semuanya dalam tahap finalisasi. (antara)