Persib Tiru Atletico Madrid

Persib Tiru Atletico Madrid
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts terang-terangan program latihannya meniru tim asal Spanyol, Atletico Madrid.

Pasalnya kata Robert, tim yang berlaga di La Liga atau Liga tertinggi Spanyol itu memiliki program yang sangat baik. Terbukti dalam beberapa musim terakhir, tidak ada pemain yang cedera meski dihadapkan dengan pertandingan yang cukup berat.

"Contoh yang bagus adalah dari tim di dunia adalah Atletico Madrid. Mereka dalam beberapa tahun terakhir jarang punya masalah pemain cedera. Ada banyak pemain dari Atletico tetap bugar sepanjang musim meskipun musim yang dilalui sangat berat," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (3/9/2020).

Pelatih asal Belanda ini berkeinginan Persib bisa seperti Atletico Madrid. Apalagi saat ini para pemainnya sudah cukup lama tidak menjalani pertandingan akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

"Latihan hari ini kami terus bekerja untuk stabilitas pemain dan bagaimana pemain terhindar dari cedera," tuturnya.

Di sesi latihan kali ini, Robert masih berupaya menggali sentuhan bola para pemainnya. Termasuk timing saat melakukan penyelesaian akhir.

"Berikutnya kami melakukan small sided games, dengan menambah durasi waktu bermain dan memangkas waktu recovery. Jadi setiap sesi kami bermain selama tiga menit sebanyak 10 kali dan waktu recovery hanya 15 detik saja," bebernya.

Durasi ini, lanjutnya, akan terus berkurang di setiap sesinya. Tujuannya hanya agar para pemainnya bisa beradaptasi dengan intensitas permainan yang cepat.

"Dan kami akan mengobservasi dan sedikit memeriksa statistik pemain dari sistem catapult. Mereka terlihat berada di jalur yang benar dan kalian bisa melihat mereka bisa memelihara kondisi di sepuluh sesi game (small sided games) dan itu adalah kemajuan besar dari ketika kami memulai latihan. Dengan bermain small sided games maka pemain akan mencapai detak jantung maksimal dan itu yang kami lakukan," jelasnya. (Muhammad Ginanjar)