Jelang Pilbup Bandung 2020, Polresta Bandung Musnahkan Belasan Ribu Botol Miras Dimusnahkan

Jelang Pilbup Bandung 2020, Polresta Bandung Musnahkan Belasan Ribu Botol Miras Dimusnahkan
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Belasan ribu botol minuman keras berbagai merek dan ribuan liter tuak hasil dari razia dimusnahkan polisi di lapangan Uji SIM Polresta Bandung, Kamis (3/9/2020).

Pantauan di lapangan, pemusnahan dan penghancuran belasan ribu minuman haram tersebut dilakukan dengan cara dilindas dengan menggunakan alat berat stoom walls.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, pemusnahan miras tersebut dalam rangka memperingati HUT Polwan ke 72 dan persiapan pengamanan menjelang pendaftaran calon kepada daerah Kabupaten Bandung pada 4-6 September 2020.

"Ada sekitar 11.239 botol miras dari berbagai merek dan 1.532 liter tuak yang kami musnahkan hari ini," kata Hendra seusai pemusnahan miras.

Hendra menjelaskan, belasan ribu botol miras dan ribuan liter tuak tersebut disita setelah sejumlah polsek di wilayah hukum Polresta Bandung menggelar razia mulai Agustus hingga September ini.

"Ribuan botol ini didapat dengan waktu cukup singkat. Razianya Agustus hingga September. Ini hasil sitaan seluruh polsek yang menggelar razia,"ujarnya.

Dikatakan Hendra, razia miras di wilayah hukum Polresta Bandung tersebut memang sengaja dilombakan setiap Polsek. Polsek yang menjadi pemenang adalah Cicalengka, dengan jumlah hasil sitaan mencapai lebih dari 2000 botol miras.

Selain itu, kata dia, dalam periode itu, Satresnarkoba Polresta Bandung juga berhasil mengamankan satu orang peracik minuman oplosan. Peracik minuman oplosan diamankan karena peredaran minuman oplosan masih terjadi di Kabupaten Bandung.

"Miras yang bahaya ini oplosan. Kandungan kimianya tidak diketahui dan sering menyebabkan orang yang minumnya meninggal dunia. Dulu di Cicalengka sekitar 44 orang meninggal gara-gara oplosan. Makanya kami beri penghargaan kepada anggota yang bisa menangkap pengoplos ini," ujarnya.

Menurut Hendra, Polresta Bandung akan terus menggelar razia miras secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan agar menciptakan kondusifitas dan keamanan di Kabupaten Bandung.

"Apalagi menjelang Pilkada. Kami akan terus razia mengantisipasi gangguan-gangguan kamtibmas akibat pengaruh miras," katanya. (Dani R Nugraha)