Ini Imbauan KPU Jelang Pendaftaran Balon Kepala Daerah Besok

Ini Imbauan KPU Jelang Pendaftaran Balon Kepala Daerah Besok

INILAH, Bandung - Pendaftaran bakal calon (balon) Kepala Daerah pada pilkada serentak di Jawa Barat resmi dibuka esok hari, Jumat (4/9/2020). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat pun mengimbau, kepada para balon kepala daerag untuk tidak membawa massa berlebih saat mendaftar ke KPU.

"Ya kan kita sudah sampaikan sosialisasikan ke partai politik pengusung maupun ke bakal pasangan calon untuk adanya pembatasan bagi yang akan menyerahkan berkas," ucap KPU Jabar Rifqi Alimubarok saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (3/9/2020).

Rifqi menyebutkan, pengantar balon kepala daerah dibatas hanya 20 orang. Diantaranya, Bakal pasangan calon, pimpinan partai politik Ketua, sekretaris.

"Maksimal 20 orang yang akan masuk ke kantor KPU sudah kita batasi. Bakal pasangan calon pimpinan partai politik Ketua -sekretaris dan LO cukup seperti itu," ungkap Rifqi.

Rifqi menambahkan, untuk pendukung balon yang ingin menyaksikan langsung proses pendaftaran jagoannya dalam Pilkada Serentak, dapat melihatnya langsung secara live streaming di sosial media KPU Kota/Kabupaten setempat.

"Tidak usah ikut. Kalau pun mau menyaksikan bisa di luar atau bisa dilihat di medsos. Iya betul di live prosesnya dan bisa diikuti pendukung," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau pelaksanaan tahap demi tahap Pilkada Serentak di Jawa Barat dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Pasangan calon dan partai politik pun diminta untuk tidak mengundang massa dalam jumlah yang besar dalam proses Pilkada serentak.

"Jadi kalaupun pendaftaran (tahapan dalam pilkada) saya kira semuanya harus memahami yah, perhelatan pilkadanya tidak lazim pada situasi normal, jadi jangan pakai pola pikir seperti bukan Covid-19," ucap pria yang kerap disapa Kang Emil, di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Kamis (3/9/2020).

Untuk diketahui, Pendaftaran balon kepala daerah sendiri dilakukan mulai besok 4 September hingga Minggu 6 September 2020. Pendaftaran dilakukan di KPU masing-masing Kabupaten dan Kota yang menggelar Pilkada serentak. (Ridwan Abdul Malik)