Menperin Ajak Insan Olahraga Gunakan Alat Buatan Dalam Negeri

Menperin Ajak Insan Olahraga Gunakan Alat Buatan Dalam Negeri
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (antara)

INILAH, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak insan olahraga nasional beserta pemangku kepentingan industri menggunakan produk alat olahraga buatan dalam negeri.

“Saya percaya, produk-produk kita memiliki kualitas yang dapat dibanggakan, terbukti dengan cukup banyaknya produk kita yang diterima oleh pasar global,” kata Menperin di Jakarta, Jumat.

Pernyataan tersebut disampaikan usai penandatanganan nota kesepahaman bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo tentang Pengembangan Sektor Industri dalam Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan serta Pengembangan Program Kepemudaan dan Keolahragaan melalui Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif.

Menperin menyampaikan masyarakat Indonesia harus merajut rasa optimisme bahwa produk alat olahraga dapat bersaing baik di dalam negeri maupun di kancah internasional, mengiringi prestasi atlet nasional.

Agus menceritakan bahwa anak-anak binaannya di sekolah sepakbola usia dini yang ia dirikan bernama Asiana Soccer School selalu meraih juara setiap kali mengikuti turnamen di luar negeri.

Menurut Agus, anak-anak penerima beasiswa tersebut selalu menggunakan sepatu buatan Indonesia dalam setiap pertandingan, yang terbukti mampu mengantar mereka sebagai juara.

“Hal ini membuktikan bahwa produk sepatu olahraga buatan anak bangsa juga bisa mengantar atlet untuk meraih juara. Bahkan selalu juara satu,” ujar Menperin.

Untuk itu, Menperin juga mengajak para pimpinan induk organisasi cabang olahraga agar bersinergi dalam mendorong penggunaan dan pemanfaatan alat olahraga buatan Indonesia, baik dalam latihan keseharian maupun pada saat mengikuti atau mengadakan berbagai kompetisi dan ajang olahraga tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan bahwa pihaknya akan menggencarkan sosialisasi kepada insan olahraga nasional tentang produk-produk alat olahraga yang telah dapat diproduksi anak bangsa.

“Mungkin selama ini banyak yang belum tahu bahwa kita telah mampu memproduksi produk-produk olahraga tersebut. Oleh karena itu, kami akan melakukan sosialisasi,” pungkas Menpora. (antara)