Banyak Dikeluhkan, Layanan Daring Kependudukan Kembali Normal Senin

Banyak Dikeluhkan, Layanan Daring Kependudukan Kembali Normal Senin
istimewa

INILAH, Garut- Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut Dadang Herawan Sugiharto meyakinkan pelayanan administrasi kependudukan secara daring yang belakangan ini kerap dikeluhkan warga dapat kembali berjalan normal mulai Senin (7/9/2020) besok.

Pelayanan kependudukan secara daring sendiri dilakukan melalui https://pasti-oke.disdukcapil.garutkab.go.id

Menurut Dadang, terganggunya pelayanan akan kebutuhan masyarakat terhadap kepemilikan dokumen administrasi kependudukan terjadi beberapa waktu terakhir ini akibat adanya kendala teknis. Namun kini hal tersebut dapat teratasi dengan diperbaharuinya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Disdukcapil Garut.

"Mudah-mudahan Senin besok kembali normal," kata Dadang didampingi Kepala Bidang Kependudukan Doni Adam, Sabtu (5/9/2020).

Dadang menyebutkan, pelayanan administrasi secara daring sendiri berdasarkan Permendagri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring, pada dasarnya bertujuan agar mempermudah dan memercepat pelayanan dengan pemanfaatan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi.

"Saat ini, kita terus berupaya melakukan penyempurnaan, terutama dalam perbaikan sistem saat ini yang kerap dikomplain masyarakat," ujarnya.

Dadang mengingatkan masyarakat agar dapat mengurus proses adminisitrasi kependudukan secara mandiri guna meminimalisasi kesalahan serta menghindari penyalahgunaan data oleh pihak lain. Sebab, keamanan data di era modern adalah sesuatu yang vital dalam menjaga privasi seseorang. 

Karena itu pula, lanjutnya, masyarakat jangan sembarangan dalam menginput data administrasi kependudukan termasuk email dan nomor HP pemohon agar proses administrasi bisa berjalan lancar secara semestinya. Hal itu karena di proses registrasi daring Disdukcapil, nomor hp dan email digunakan sebagai media informasi dan notifikasi dari Disdukcapil kepada masyarakat bersangkutan. "Isilah data dengan sebenar-benarnya karena hal tersebut dapat berpengaruh pada proses administrasi yang sedang berjalan," ingatnya.(zainulmukhtar)