Oded Optimistis Kafilah Kota Bandung Juarai MTQ Tingkat Jabar

Oded Optimistis Kafilah Kota Bandung Juarai MTQ Tingkat Jabar
istimewa

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial optimis kafilah Kota Bandung kembali akan menjuarai Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Barat 2020. Tahun ini, MTQ ke-36 Provinsi Jabar digelar di Kabupaten Subang dari 3 hingga 11 September mendatang.

Optimisme Oded, muncul karena seluruh persiapan sudah sangat matang. Pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Bandung pun sudah optimal, sehingga piala juara umum kedelapan berturut-turut siap dipertahankan.

"Harapan kita tentu saja karena Kota Bandung sudah tujuh kali berturut-turut juara umum. Mudah-mudahan dengan persiapan yang kemarin sudah kita lakukan cukup solid dan baik, mudah-mudahan bisa kembali meraih gelar dikejuaraan MTQ kali ini," kata Oded.

Di tahun ini, dituturkannya Kota Bandung memberangkatkan sebanyak 120 orang, terdiri dari peserta dan pendamping. Mereka akan mengikuti seluruh kategori perlombaan. Para peserta akan bersaing dengan 1.137 peserta yang dibagi ke dalam tujuh cabang lomba. 

"Kita di kota Bandung sudah mempersiapkan untuk perhelatan MTQ Jawa Barat ini. Insyaallah semua kategori kita ikuti," ucapnya.

Guna memberikan suntikan semangat, Oded secara khusus bertemu dengan para kafilah yang akan berlomba. Dia bahkan menginap di hotel yang sama dengan peserta untuk memberikan motivasi agar tropi kembali di bawa ke Kota Bandung.

"Saya akan langsung memberikan arahan dan motivasi agar mereka bisa membawa kembali piala kejuaraan MTQ yang kedelapan," ujar dia. 

Sementara itu, Ketua LPTQ Kota Bandung Ema Sumarna menambahkan, pembinaan rutin kepada para peserta telah diberikan seoptimal mungkin. Saat pembinaan melibatkan para pakar yang telah berpengalaman di bidangnya.

"Insyaallah upaya maksimal telah kita hadirkan. Bahkan pak wali kota secara pribadi meluangkan waktu untuk menemui para peserta. Ini adalah bentuk komitmen Pemkot Bandung terhadap pembinaan Al-quran kepada generasi muda," kata Ema. (Yogo Triastopo)