Bright Store, Upaya Pertamina Maksimalkan Pelayanan di Cipularang

Bright Store, Upaya Pertamina Maksimalkan Pelayanan di Cipularang

INILAH, Purwakarta – PT Pertamina (Persero), memaksimalkan pelayanan di SPBU COCO 31.41101, Rest Area KM 88A Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta. Salah satunya, dengan menyiapkan pusat layanan (one stop service) yang menyediakan beragam produk untuk kehandalan kendaraan, juga kebutuhan masyarakat.

Upaya peningkatan pelayanan SPBU ini, dilakukan melalui Marketing Operation Region (MOR) III dengan menghadirkan inovasi baru berupa Bright Store. Adapun layanan tersebut disiapkan guna menunjang gaya hidup masa kini, hal ini pun sejalan dengan tumbuhnya konsumsi BBM pada masa transisi tatanan baru.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III, Eko Kristiawan menuturkan, perusahaannya berkomitmen untuk menyiapkan tempat singgah yang modern dan nyaman bagi masyarakat. Sebut saja di antaranya, memiliki fasilitas jaringan internet gratis (free wifi) untuk mendukung mobilitas konsumen, serta menyediakan produk berkualitas dan makanan dan minuman cepat saji.

“Konsep baru Bright Store ini, berawal dari ekspektasi pelanggan. Saat ini, masyarakat yang datang ke SPBU bukan hanya untuk mengisi BBM. Tapi bisa juga sekaligus bercengkrama dengan kerabat bahkan bekerja dengan nyaman di Bright Store ini,” ujar Eko, akhir pekan kemarin.

Di Bright Store ini, lanjut Eko, juga terhubung dengan program-program promosi, termasuk juga tersedia layanan pembayaran non tunai. Ini turut mendukung transaksi yang lebih aman di masa pandemic.

Eko menambahkan, konsep baru Bright Store ini juga sejalan dengan konsumsi BBM masyarakat yang kembali bertumbuh. Masa transisi tatanan baru paska pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hingga Agustus kemarin, lanjutnya, tercatat konsumsi BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di wilayah Sales Area Retail Karawang, telah mencapai 4.294 kilo liter (KL) per hari, atau 95% dari konsumsi normal sebelum PSBB.

Sementara untuk konsumsi BBM jenis Gasoil (Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex) di wilayah ini telah mencapai 86% dari konsumsi harian rata-rata dibandingkan kondisi normal periode Januari-Februari sekitar 2.369 KL.

Adapun konsumsi normal di periode Januari–Februari 2020 sebelum pandemi, yang saat itu mencapai 4.523 KL rata-rata per hari. Selama ini, sales area retail Karawang melingkupi Kota/Kabupaten Bekasi, Purwakarta, Karawang dan Subang.

Untuk wilayah Purwakarta, konsumsi BBM jenis Gasoline per hari rata-rata telah mencapai 66% dari normal gasoline di Purwakarta sekitar 410 KL. Sementara konsumsi rata-rata harian Gasoil sudah mencapai 104% dari konsumsi normal Gasoil 360 KL.

Hal serupa juga terjadi di Karawang, dimana rata-rata Gasoline per hari telah mencapai 68% dari konsumsi normal. Sedangkan, konsumsi Gasoil sudah mencapai 120% dari konsumsi normal di Karawang, dengan dominasi konsumsi dari Biosolar.

“Dalam kondisi pandemi saat ini, kami mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan. Salah satunya, dengan menggunakan bahan bakar berkualitas yang memiliki kandungan oktan tinggi, sehingga memiliki kandungan zat buang lebih sedikit dan lebih bersih untuk lingkungan,” saran dia. (Asep Mulyana)