Putra Pramono Anung Ingin Sektor Pariwisata Kediri Tumbuh

Putra Pramono Anung Ingin Sektor Pariwisata Kediri Tumbuh
Putra Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono. (antara)

 

INILAH, Kediri - Putra Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono, yang maju dalam Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, ingin agar sektor pariwisata di kabupaten ini bisa tumbuh setelah pembangunan bandar udara.

Dhito mengatakan pembangunan bandara menjadi salah satu sektor yang bisa berpengaruh untuk pembangunan di kabupaten ini. "Begitu ada bandara, maka sektor yang bersaing dengan sektor pertanian yaitu sektor pariwisata, karena bandara menjadi pintu masuk wisatawan di Kabupaten Kediri," katanya, di Kediri, Minggu (6/9/2020).

Ia menambahkan, saat berbicara tentang pariwisata ada tiga aspek yang harus disiapkan, yakni pertama akses seperti infrastruktur jalan, penerangan jalan, dan sebagainya.

"Kedua kesiapan warga, hotel dan sebagainya dan fasiltias pendukung yang terakhir adalah atraksi. Jadi, begitu ada bandara, Kabupaten Kediri harus mulai ada persiapan untuk menggenjot sektor pariwisata," kata dia.

Lebih lanjut, dia juga berjanji nantinya akan mempermudah proses pemberian izin usaha di Kabupaten Kediri.

"Izin pasti kami permudah, karena kita harus membuka seluasnya untuk investor datang ke Kediri, supaya tidak ada bahasa investor trauma datang ke Kediri," katanya.

Pasangan Dhito dan Dewi Maria telah mendaftarkan diri di KPU Kabupaten Kediri. Pasangan calon kepala daerah ini memborong rekomendasi dari partai. Sembilan partai politik yang mempunyai kursi mendukung mereka, termasuk partai nonparlemen juga ikut serta mendukung.

Walaupun dimungkinkan terjadi calon tunggal di Pilkada Kabupaten Kediri, KPU juga masih tetap membuka pendaftaran sesuai dengan jadwal. Bahkan, jika hingga hari terakhir pendaftaran tidak ada yang mendaftar, akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

"Kami akan tetap buka sesuai dengan tahapan sampai 6 September 2020 pukul 24.00 WIB. Setelah itu, kami putuskan, lakukan pleno dan membuka pendaftaran lagi tiga hari ke depan. Selama perpanjangan pendaftaran itu, kami sosialisasi melalui media dan partai politik," ujar Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi.

Ia juga menegaskan belum bisa memberikan keputusan soal calon tunggal, karena pendaftaran belum ditutup. Sesuai dengan jadwal, pendaftaran pada 4-6 September 2020. (antara)