Urai Kemacetan, Pemkab Bangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Barat

Urai Kemacetan, Pemkab Bangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Barat

INILAH, Bandung-Demi mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan terutama saat Stadion Pakansari menggelar pertandingan sepakbola, Pemkab Bogor berencana membangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat.

Nantinya, Jalan Lingkar Poros Timur dan Poros Barat akan menghubungkan Stadion Pakansari ke arah Jalan Raya Bogor, LIPI dan Jalan Raya Pemda, Sukahati.

"Kami bersama pengembang perumahan akan membangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat, hal ini demi mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan jikalau sedang ada pertandingam sepakbola di Stadion Pakansari," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Bogor Suryanto Putra kepada wartawan, Senin, (7/9).

Pria asli Lampung ini menerangkan bahwa jajarannya dalam perencanaan tidak membiayai pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat, karena pembiayaan pembangunan jalan tersebut dibiayai oleh pengembang atau developer perumahan.

"DPU-PR paling hanya membuka di area timur dan barat Stadion Pakansari, kalau pembebasan lahan dan pembiayaan pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat berikut jembatannya akan ditanggung oleh developer perumahan," terangnya.

Suryanto menuturkan saat ini jajarannya menunggu kesiapan developer perumahan untuk melaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat.

"Saat ini developer perumahan sedang melakukan pembebasan lahannya, kalau itu sudah tuntas maka segera dilaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat. Sebelum dilaksanakan pembangunan Pemkab Bogor juga akan menandatangani MoU bersama developer perumahan tersebut," tutur Suryanto.

Yusuf warga Muara Beres, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong menyambut baik rencana Pemkab Bogor yang ingin membangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat.

"Memang kalau ada pertandingan sepakbola Jalan Lingkar Pakansari Poros Utara dan Poros Selatan kerap macet dan warga tidak bisa mengakses langsung jalan menuju Pintu Tol Sentul, semoga pembangunan  Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat ini bisa menjadi solusi serta yang terpenting keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Area Stadion Pakansari juga harus ditata hingga mereka tidak berdagang di pinggir jalan dan malah menimbulkan kemacetan arus lalu lintas kendaraan," tukas Yusuf. (Reza Zurifwan)