Pulihkan Ekonomi Pariwisata, Kemenparekraf dan Pemkab Bogor Luncurkan Program BISA

Pulihkan Ekonomi Pariwisata, Kemenparekraf dan Pemkab Bogor Luncurkan Program BISA
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengaku terbantu dengan gerakan bersih indah sehat dan aman (BISA) yang diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepada pengelola objek dan wisatawan, dia pun meminta gerakan BISA ini dilaksanakan secara disiplin terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

"Program BISA yang diluncurkan ini kan untuk memulihkan ekonomi,  hingga kepada pengelola wisata maupun wisatawannnya harus melaksanakan terutama dikolaborasikan dengan program 3M karena saat ini status Kabupaten Bogor masih PSBB pra AKB," kata Iwan kepada wartawan di Gunung Mas Puncak, Senin (7/9/2020).

Politisi Partai Gerindra ini menerangkan, saat ini seluruh objek wisata baik alam maupun non alam sudah beroperasi kembali, dengan harapan kehidupan masyarakat pariwisata kembali normal seperti sebelumnya.

"Objek wisata alam maupun non alam kalau mau beroperasi harus melaksanakam protokol kesehatan Covid 19, kalau tidak mau beroperasi kembali silahkan abaikan program pemerintah," terangnya.

Kordinator Promosi Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Afrida Pelitasari menuturkan gerakan BISA di seluruh objek wisata harus digalakkan demi kesehatan dan keselamatan semua pihak.

"Mari kita galakkan gerakan BISA maupun 3M di seluruh objek wisata agar kesehatan dan keselamatan kita tetap terjaga, dengan gerakan-gerakan diatas berarti kita jiga telah melakukan kebiasaan baru ditengah masa pandemi wabah virus corona (Covid19)," tutur Afrida.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Muliadi menjelaskan akibat pandemi Covid 19, dunia pariwisata di Bumi Tegar Beriman sempat mengalami penurunan pendapatan ekonomi.

"Pendapatan ekonomi masyarakat pelaku pariwisata maupun ekonomi kreatif menurun drastis, semoga dengan PSBB pra AKB dan program-program kerja di atas kita perlahan-lahan pulih," jelas Muliadi. (Reza Zurifwan)