Bapenda Mulai Pasang AFE, Setiap Bulan Lapor ke KPK

Bapenda Mulai Pasang AFE, Setiap Bulan Lapor ke KPK
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor mulai memasang alat fiskal elektronik (AFE) kepada 286 wajib pajak (WP) Kota Bogor yang terdiri dari hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir. 

Program AFE ini juga menjadi salah satu program yang dipantau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai bentuk transparansi.

Sekretaris Bapenda Kota Bogor Lia Kania Dewi mengatakan, pihaknya mulai hari ini melakukan pemasangan kepada 286 WP Kota Bogor, untuk hari ini dilaksanakan di Botani Square dan akan berganti-ganti tempat hingga batas waktu pemasangan pada 18 September 2020.

"Jadi dimulai hari ini, tapi dibagi beberapa tahap pemasangan. Ini menindaklanjuti hasil sosialisasi, sehingga WP juga tidak kaget lagi karena sebeum memasang kami menyampaikan pemberitahuan dan persetujuan dengan WP," kata Lia, Senin (7/9/2020).

Lia menjelaskan, program AFE ini juga merupakan program yang dipantau oleh KPK RI sehingga setiap bulannya Bapenda Kota Bogor akan melaporkan ke KPK terkait progres yang telah dicapainya.

"Kami kerjasama dengan KPK RI, ini bagian dari program optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan transparansi yang dilakukan oleh kami. WP bisa memantau langsung transaksi uang masuk ke tempatnya dan bisa mengetahui juga uang konsumen yang masuk ke Kas daerah. Ini sebetulnya mempermudah WP juga jadi saling menguntungkan," jelasnya.

Lia juga mengatakan, target pemasangan diakhir 2020 ini bia diselesaikan karena terbatas personil dari Bapenda dan jumlah WP yang akan dipasang cukup banyak.

"Kami mengambil kesempatan adanya bantuan dari PT Cartenz karena alat ini dihibahkan tanpa mengeluarkan APBD Kota Bogor untuk alat. Kami akan manfaatkan dengan sebaik-baiknya," terangnya. (Rizki Mauludi)