DPRD Mempertanyakan Asal Pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Barat

DPRD Mempertanyakan Asal Pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Barat
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cibinong- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor belum mengetahui adanya rencana pembangunan Jalan Lingkar Pakansari poros timur dan barat yang akan dibiayai oleh developer perumahan.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto pun mengatakan, lembaga eksekutif hingga saat ini belum membuka rencana pembangunan Jalan Lingkar Pakansari yang dibiayai non Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hingga membuat dirinya bertanya-tanya.

"Sampai hari ini terkait menggunakan anggaran developer untuk membangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Barat, pihak eksekutif maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) belum ada informasi maupun komunikasi apa pun," ujar Rudy kepada wartawan, Selasa (8/9).

Politisi partai Gerindra ini menerangkan, pihaknya berharap lembaga eksekutif maupun DPU-PR terbuka terhadap proses pembangunan di Bumi Tegar Beriman.

"Bersumber dari mana pun pembiayaan, tentu utama harus ada transparansi kepada masyarakat. Pembiayaan apa pun bukan untuk kepentingan individu maupun kelompok-kelompok tertentu hingga kami sebagai wakil rakyat harusnya diberitahu," terangnya.

Lebih lanjut Rudi menuturkan, DPRD Kabupaten Bogor akan lebih selektif dalam membedah persoalan anggaran pada agenda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-Perubahan (APBD-P) nanti.

"Dalam APBD-P, tentu semua program-program Pemkab Bogor itu akan muncul. Pada rapat-rapat tersebut, nanti saya akan tanyakan terkait pembiayaan pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Barat ini," tutur Rudi.

Sebelumnya, demi mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan terutama saat Stadion Pakansari menggelar pertandingan sepakbola, Pemkab Bogor berencana membangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat hingga akan terhubung jalan ke arah Jalan Raya Bogor, LIPI dan Jalan Raya Pemda, Sukahati.

"Kami bersama pengembang perumahan akan membangun Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat, hal ini demi mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan jikalau sedang ada pertandingam sepakbola di Stadion Pakansari," ucap Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Bogor Suryanto.

Pria asli Lampung ini melanjutkan bahwa jajarannya dalam perencanaan tidak membiayai pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat, karena pembiayaan pembangunan jalan tersebut dibiayai oleh pengembang atau developer perumahan.

"DPU-PR paling hanya membuka di area timur dan barat Stadion Pakansari, kalau pembebasan lahan dan pembiayaan pembangunan Jalan Lingkar Pakansari Poros Timur dan Poros Barat berikut jembatannya akan ditanggung oleh developer perumahan," lanjutnya. (Reza Zurifwan)