Padu Budaya Indonesia-Jepang, Kantor TOTO Raih Penghargaan Arsitektur

Padu Budaya Indonesia-Jepang, Kantor TOTO Raih Penghargaan Arsitektur
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Kantor pusat TOTO Indonesia baru yang terinspirasi kejernihan air memenangi penghargaan BCI Asia Interior Design Award 2020.

BCI Asia Interior Design Award adalah ajang tahunan berskala internasional yang memberikan penghargaan terhadap hasil karya arsitektur dan bangunan.

Penghargaan ini dibagi menjadi tujuh kategori seperti perumahan, institusi, perkantoran, ritel, F&B, hotel dan rekreasi.

Pada 2020, rancangan kantor pusat TOTO Indonesia yang merupakan paduan budaya Indonesia - Jepang ini memenangi kategori perkantoran dari tujuh negara yang berpartisipasi yaitu China & Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

“Perpaduan suasana budaya Jepang dan Indonesia ini sama seperti perpaduan produk kami yang menggabungkan kualitas material dari Indonesia dan aspek modern dari Jepang untuk menciptakan produk yang berkualitas dan inovatif," kata Hanafi Atmadiredja, President Director, PT Surya Toto Indonesia, dalam konferensi pers, Selasa.

Konsultan desain Field Four Design Office dipilih untuk merancang suasana interior kantor pusat TOTO Indonesia.

Menurut Yuta Shimada, perancang Field Four Design Office, rancangan kantor pusat TOTO yang terletak di tengah hiruk pikuk Jakarta terinspirasi dari kejernihan air.

Mereka ingin menciptakan pengalaman yang mengingatkan atas peran air bersih di kehidupan sehari-hari.

"Dari pintu masuknya sudah terpancar warna identitas perusahaan yaitu biru dengan konsep light from water reflecting the city. Untuk desain dari dinding eskalator yang menghubungkan ke lantai showroom mengekspresikan cahaya dari air mengalir, light from flowing water dan rancangan dari showroom TOTO dengan konsep light from a quiet pond,” tambah Yuta Shimada.

Tantangan yang dihadapi para perancang adalah mengenal bahan bangunan dan cara membangun di Indonesia yang berbeda dari Jepang. Mereka fokus memadukan rancangan konsep dengan bahan bangunan dari Indonesia.

"Bangunan TOTO dipakai untuk kantor dan showroom. Agar pengunjung fokus kepada produk dan kecanggihan teknologi, kamu berusaha menghapus 'keramaian' desain agar ruangan tenang dan simpel," jelas dia.

Mendapatkan penghargaan desain kantor terbaik di Indonesia, kantor ini dilengkapi dengan showroom di mana pengunjung dapat melihat rangkaian produk dengan teknologi bebas sentuh dan ramah lingkungan yang mengedepankan kehigienisan.

Hanafi mengatakan, TOTO tertantang untuk menjawab kebutuhan peningkatan standard kebersihan lewat rangkaian produk dengan teknologi ramah lingkungan, yang memungkinkan efisiensi daya dan air mulai dari keran, shower, bidet, urinal, kloset, wastafel, hingga pengering tangan.

Misalnya fitur teknologi aerated bubble, meski air yang keluar terasa deras namun air yang digunakan adalah dalam jumlah yang minimal.

“Sebagai perusahaan lokal dengan produksi dalam negeri, kami fokus untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas sanitasi di Indonesia," imbuh Hanafi. (antara)