Kemendikbud Sosialisasi BOS Afirmasi dan BOS Kinerja

Kemendikbud Sosialisasi BOS Afirmasi dan BOS Kinerja
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar kembali seri webinar dengan topik Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan Kinerja.

Webinar yang akan diselenggarakan pada Kamis (10/9), mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai tersebut, dengan narasumber utama Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Dr Sutanto, SH, MA.

"Pendanaan pendidikan melalui pemberian dana BOS afirmasi dan BOS Kinerja telah dilakukan sejak tahun 2019. BOS Afirmasi diberikan sebagai wujud keberpihakan pemerintah pada sekolah yang berada pada daerah khusus, sedang BOS Kinerja sebagai wujud pemerintah memberikan penghargaan bagi sekolah yang telah meningkatkan mutunya," ujar Sutanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan Kemendikbud perlu menyelenggarakan webinar tersebut karena melihat kondisi banyak sekolah ataupun pemerintah daerah yang bertanya tentang bagaimana cara mendapatkan dana BOS Afirmasi atau BOS Kinerja, apa yang menjadi syarat dan kriteria, serta bagaimana arah penggunaannya.

Hal itu, kata Sutanto, menjadi isu penting yang perlu disampaikan pada sekolah, pemda dan masyarakat pada umumnya.

Saat ini, menurut dia, dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2020 telah disalurkan ke dekolah dengan total sasaran 56.115 sekolah dengan total dana kurang lebih sebesar Rp3,2 triliun.

"Dengan dana yang besar ini, tentunya diperlukan strategi pengawasan agar dapat berjalan secara baik," ujarnya.

Oleh karena itu, pada webinar itu akan ada sesi khusus kaitannya dengan strategi penggunaan dan strategi pengawasan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja agar tetap optimal di masa pandemi Covid-19, baik yang bersumber dari Silpa 2019 ataupun penerimaan pada Tahun 2020 dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya.

Melalui webinar tersebut, dia berharap sekolah mampu memetakan perencanaan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja sesuai kebutuhan sekolah, sekolah mampu menjalankan semua perencanaannya sesuai target dan capaiannya dengan memegang prinsip akuntabel, efektif, efisien dan transparan.

Selain itu, tidak ada lagi kebingungan dan mis-informasi dalam pengelolaan dan penyelenggaraan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja di sekolah.

Webinar tersebut dapat diakses melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal youtube Ditjen PAUD Dikdasmen. (antara)