Laga Tandang Pakai Bus, Alberts: Kami Siap!

Laga Tandang Pakai Bus, Alberts:  Kami Siap!
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Muhammad Ginanjar)

INILAH, Bandung- Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku tidak memiliki persiapan khusus menghadapi Liga 1 2020, terutama saat menjalani laga tandang. 

Menurutnya, persiapan dilakukan semampunya. Sebab tak hanya Persib, namun seluruh tim diharuskan menjalankan laga tandang menggunakan bus. 

Keputusan itu dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi demi menimalisir penyebaran paparan virus Corona (Covid-19). 

"Kami tidak bisa melakukan simulasi perjalanan dengan berkendara selama 15 jam. Kami hanya bisa bersiap semampu kami," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. 

Meski demikian, pelatih asal Belanda ini akan mengatur bagaimana timnya melakukan perjalanan. Terlebih di dua laga awal, Persib sudah bertindak sebagai tim tamu. 

Pertama, melawan Madura United di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (4/10/2020) dan Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (10/10/2020). 

"Kami harus pergi menuju Surabaya dan perhitungannya akan memakan waktu 12 jam menggunakan bus. Dan bukan hanya satu bus, tapi dua bus dan satu mobil karena kami harus membawa peralatan. Lalu setelah itu saya pikir Surabaya menuju Jogja (kandang Barito) 4-5 jam," tuturnya. 

Kondisi itu, lanjutnya, tentu akan menguras stamina. Tak hanya pemain, namun seluruh tim pelatih, termasuk ofisial.

"Ketika melakukan perjalanan lebih dari 5 jam, tentu itu melelahkan bagi pemain dan ofisial. Jadi ini akan menjadi perjalanan panjang untuk dua pertandingan dan kami akan berada 11 hari di luar Bandung," bebernya.

Kelelahan ini, kata Robert, akan berlanjut saat Persib melakoni laga kandangnya. Sebab Supardi Nasir dan kawan-kawan akan kembali melakukan perjalanan panjang menuju markasnya di Bandung. 

"Ketika kembali, tentu kami kelelahan dan setelah itu kami langsung bertanding lagi di kandang. Jadi itu akan sangat berdampak pada liga dan hasil akhir. Kami harus sangat siap untuk itu," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)