Pemain Batuk dan Flu Dilarang Main, Begini Komentar Alberts

Pemain Batuk dan Flu Dilarang Main, Begini Komentar Alberts
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts tak mau berkomentar banyak mengenai peraturan larangan bermain bagi pemain yang mengalami batuk atau flu di Liga 1 2020.

Peraturan itu ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi lantaran batuk atau flu memiliki penyebaran yang sangat cepat. Dikhwatirkan penyakit itu disertai virus Corona (Covid-19). 

"Saya pikir serahkan itu kepada dokter tim dan tim medis, apakah itu benar-benar flu dan berkaitan dengan Covid," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Namun demikian, pelatih asal Belanda ini sambut baik peraturan tersebut. Terlebih peraturan itu ditetapkan untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

"Saya setuju bahwa kami harus sangat siaga terhadap bahayanya Covid karena masih sangat mengancam di Indonesia. Dan tentunya kami juga masih harus mengikuti anjuran kesehatan," tuturnya. 

Pelatih berusia 64 tahun ini tak ingin timnya terkena paparan Covid-19. Terbukti, sesi latihan yang sudah dilakukan dalam empat pekan terakhir ini, digelar secara tertutup. 

"Jika pemain hanya batuk dan flu normal seperti di kehidupan sehari-hari (tidak masalah), tapi jika berkaitan dengan Covid, itu berbahaya dan tentunya kami harus mengambil tindakan," tegas Robert.(Muhammad Ginanjar)