Terbentuk, Asosiasi Kamar Dagang dan Kebudayaan Indonesia-Ceko

Terbentuk, Asosiasi Kamar Dagang dan Kebudayaan Indonesia-Ceko
Ilustrasi (antara)

INILAH, London - Duta Besar Republik Indonesia untuk Ceko, Kenssy D. Ekaningsih meresmikan Asosiasi Kamar Dagang dan Kebudayaan Indonesia–Ceko (Indonesia–Czech Chamber of Commerce and Culture Association) di Praha, Selasa (8/9) waktu setempat.

Dalam kesempatan tersebut Dubes Kenssy Ekaningsih mengatakan para pengusaha Ceko sangat antusias dengan berdirinya asosiasi tersebut dan mengharapkan adanya peluang bisnis yang lebih besar.

Ia mengatakan pihak KBRI Praha sangat mendukung terbentuknya asosiasi dalam rangka meningkatkan hubungan ekonomi dan kebudayaan kedua negara.

Dubes menggarisbawahi potensi bisnis yang dikembangkan kedua negara dan menyampaikan pentingnya membangun jembatan baru guna mendorong semakin berkembangnya kerjasama bilateral kedua negara.

“Tidak terkecuali dalam kondisi yang menantang seperti saat ini, sebagai dampak dari pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Alexander Kucera, Chairman dari Indonesia – Czech Chamber of Commerce and Culture Association menyampaikan berdirinya asosiasi ini merupakan salah satu bentuk inisiatif swasta dalam mendorong kerjasama ekonomi dan budaya antara Indonesia dan Ceko.

Direktur Eropa II Kemenlu Hendra Halim berkesempatan untuk menyampaikan ucapan selamat atas peresmian asosiasi, dan kedepan diharapkan dapat bekerjasama dengan KBRI dalam mempromosikan Indonesia.

Kegiatan peresmian dihadiri lebih dari 30 pengusaha yang sebagian besar adalah importir produk Indonesia.

Peresmian juga diisi dengan penampilan tarian Indonesia dan video terkait pembangunan dan pariwisata serta beberapa produk buatan Indonesia.

Indonesia – Czech Chamber of Commerce and Culture Association diinisiasi pengusaha Ceko, Alexander Kucera, pemilik restoran Garuda di Praha.

Dengan berdirinya asosiasi diharapkan dapat membantu KBRI Praha dalam melakukan promosi ekonomi, perdagangan dan kebudayaan di Ceko. (antara)