Bapemperda Rampungkan Dua Perda Dari 15 Propemperda

Bapemperda Rampungkan Dua Perda Dari 15 Propemperda
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bogor telah merampungkan dua rancangan peraturan daerah menjadi produk Peraturan Daerah (Perda) dari target 15 program pembentukan peraturan daerah atau Propemperda 2020.

Ketua Bapemperda Kota Bogor Ahmad Aswandi mengatakan, pada 2020 ini pihaknya penargetkan ada 15 Propemperda yang harus rampung sebelum akhir tahun ini.

"Dan saat ini ada sembilan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang telah dibahas oleh Pansus," ungkap Aswandi, Rabu (9/9/2020).

Dia menambahkan, ada enam Raperda yang harus dikejar hingga masa sidang kesatu. Bapemperda optimis akan elesai semua, tetapi kalau di Pansuskan ada yang beririsan dengan RTRW. Jadi harus menunggu RTRW, salah satunya Raperda Lalin.

Sementara itu, Anggota Bapemperda Kota Bogor Endah Purwanti mengatakan dari 15 target Propemperda 2020 dua diantaranya sudah selesai selain Raperda Kota Bogor tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kota Bogor dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, satu Raperda Kota Bogor lainnya yang telah selesai tentang Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2019.

"Bapemperda DPRD Kota Bogor sudah menerima draf Raperda terksit Tibum, saat ini kami sedang pembahasan," ungkapnya pada Rabu (9/9/2020).

Terpisah, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto mengatakan, saat ini upaya untuk memalsimalkan Propemperda Kota Bogor terus dilakukan. Dirinya telah mengundang Pansus yang sedang berproses untuk dimintai keterangan sejauh mana perkembanganya. Setidaknya ada delapan Pansus yang dipanggil, enam Pansus yang tengah membahas Raperda, dan dua lainnya yang dipanggil merupakan Pansus yang mengawasi rincian anggaran Covid-19.

"Serta Pansus pengawasan tanggap darurat Covid-19 dari sisi medis maupun dampak sosial ekonomi masyarakat," terang Atang. (Rizki Mauludi)