Waspada di Musim Kemarau, Yana Minta Ini pada Warga Bandung

Waspada di Musim Kemarau, Yana Minta Ini pada Warga Bandung
istimewa

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau agar warga Kota Bandung lebih waspada terhadap terjadinya potensi kebakaran di musim kemarau sekarang ini.

"Yang pasti sering mengecek instalasi listrik dan hati-hati meninggalkan rumah cek listrik dan gas dimatikan. Butuh kewaspadaan masyarakat pada musim kemarau karena rentan," kata Yana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Kamis (10/9/2020).

Di lain sisi, Kepala Diskar PB Kota Bandung Dadang Iriana mencatat hingga 7 September 2020 telah terjadi sebanyak 130 kasus kebakaran di Kota Bandung.

Jumlah itu terdiri dari kebakaran bangunan rumah sebanyak 45 kali, pasar 1 kali, pabrik 4 kali, gardu listrik 16 kali, Kendaraan 7 kali, toko, RM, sekolahan, kantor, dan gudang 28 kali. 

"Sebenarnya trennya menurun kalau dibandingkan tahun kemarin. Hanya saja untuk musim kemarau meningkat, tapi kebakaran yang terjadi bukan rumah huni, masih didominasi oleh alang-alang. Yang hunian itu paling besar kemarin di kawasan Otista, tapi sampai sekarang masih dalam penyelidikan," kata Dadang.

Sedangkan jumlah kerugian akibat kebakaran sebesar Rp18.183.050.000. Sementara yang terselamatkan senilai Rp154.608.400.185. "Tak hanya di Kota Bandung, Diskar PB juga membantu kasus kebakaran di Kabupaten Bandung," ucapnya. (Yogo Triastopo)