Wagub Jabar Deklarasikan Pilkada Damai dan Pilkada Sehat

Wagub Jabar Deklarasikan Pilkada Damai dan Pilkada Sehat
Deklarasi Pilkada Damai dan Pilkada Sehat. (dani r nugraha)

INILAH, Bandung - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengajak masyarakat dan semua pihak menyukseskan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Jabar.

Menurut Uu, pandemi virus corona (covid-19) menjadi tantangan bersama saat pelaksanaan Pilkada serentak. Sebab, selain harapan pelaksanaan Pilkada berjalan sukses dan damai, juga Pilkada Sehat.

Oleh karena itu, menurut Uu, untuk menyukseskan pilkada damai dan sehat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menggelar deklarasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dan kampanye pemakaian masker secara nasional di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 10 (9/9/2020).

"Deklarasi ini adalah lanjutan dari yang sudah dilakukan pemerintah pusat. Kalau dulu slogannya Pilkada adalah sukses dan damai, sekarang ditambah Pilkada sehat. Pembagian masker ini upaya dari pemerintah, TNI, Polri, KPU, dan Bawaslu untuk menuju Pilkada sehat," kata Uu saat konferensi pers usai acara deklarasi.

Dikatakan Uu, pihaknya memahami pelaksanaan Pilkada tidak akan lepas dari kerumunan orang banyak. Bahkan, kampanye dianggap sukses kalau banyak orang yang hadir.

"Dalam suasana seperti ini sekalipun para calon mungkin ingin banyak orang saat kampanye, tapi tidak mengabaikan protokol kesehatan. Karena kami ingin sukses Pilkada aman dan damai, tapi tidak mau ada hal-hal negatif dalam bidang kesehatan, seperti yang sering kita gelorakan, antara lain pakai masker dan jaga jarak," ujarnya.

Uu mengimbau, penerapan protokol kesehatan harus menjadi komitmen bersama dengan seluruh masyarakat, agar pelaksana Pilkada damai dan sehat terwujud.

"Harapan kami kepada seluruh Gugus Tugas Covid-19 di Jabar, juga kepada para calon dan tim kampanye untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Dan masyarakat harus saling mengingatkan," katanya.

Uu menambahkan, peran media masa  sebagai pengawas dalam pelaksanaan Pilkada ini, juga sangat penting. "Media juga  harus terlibat aktif. Bukan hanya mengawasi dari kecurangan pilkadanya saja, tapi dari sisi kesehatan juga harus menjadi perhatian serius," pungkas. (dani r nugraha)