DPRD Jabar Dorong Pemprov Tuntaskan Bansos

DPRD Jabar Dorong Pemprov Tuntaskan Bansos
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih memiliki 'utang' dua tahap lagi dalam pendistribusian bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak penanganan Covid-19.

Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan, meminta kepada Pemprov untuk segera menuntaskan program tersebut secepat mungkin, mengingat sejauh ini pembagian bansos sudah molor dari target yang seharusnya selesai pada September ini.

Dia berharap, pendistribusian pada tahap satu dan dua dapat menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran bagi Pemprov agar pembagian bansos pada tahap tiga dan empat dapat berjalan maksimal dan sesuai pemanfaatannya. Sehingga tidak lagi timbul masalah, yang dapat merugikan masyarakat penerima.

“Kita akan dorong terus, agar janji gubernur dalam menyalurkan bansos dalam empat tahap bisa segera terealisasikan. Dua tahap sebelumnya harus jadi bahan kajian untuk tahap selanjutnya. Supaya  bisa berjalan lebih baik. Kalaupun ada kebijakan baru, harus tujuannya untuk kepentingan dan kebaikan masyarakat,” kata Dadang kepada INILAH, Jumat (11/9/2020).

Terkait adanya pengurangan jumlah target penerima pada tahap satu dan dua, dari rencana awal sebelum bansos digulirkan. Dadang menilai, hal tersebut terjadi berdasarkan hasil evaluasi dan permintaan masing-masing daerah. Demikian pula dengan adanya retur sebesar 0,6% pada tahap dua, yang dinilainya akibat adanya perubahan data.

“Adanya pengurangan dan retur itu, yang jelas bukan dari kita (provinsi). Tapi berdasarkan data yang diserahkan oleh masing-masing daerah. Pada intinya, kita sudah menyiapkan sesuai rencana awal. Lebih baik lebih daripada kurang. Nanti tinggal kita evaluasi dalam laporan pertanggungjawaban,” jelasnya. (Yuliantono)