Kota Bandung Pastikan masih Ada Lahan Pemakaman Covid-19

Kota Bandung Pastikan masih Ada Lahan Pemakaman Covid-19
Ilustrasi/Net

INILAH, Bandung - Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Bandung Agus Hidayat mengatakan, lahan untuk pemakaman jenazah terpapar positif Covid-19 masih tersedia di tempat pemakaman umum (TPU) Cikadut. 

"Lahan kita masih luas, meskipun kita berharap korban meninggal karena Covid tidak terus bertambah. Kita perkirakan masih bisa menampung sampai 100 jenazah," kata Agus pada Jumat (11/9/2020). 

Menurut dia, TPU Cikadut saat ini telah memakamkan sebanyak 154 jenazah. Namun, tidak semua jenazah yang datang meninggal karena terpapar virus corona. Hanya saja, pihak rumah sakit mengkategorikan positif Covid-19. 

"Jadi, jenazah yang masuk ke TPU Cikadut sudah dikategorikan Covid-19. Tetapi dari 154 itu tidak semua positif. Lalu, permasalahan lahan disini dan di Jakarta berbeda. Kalau disini berbukit, sementara di Jakarta lahannya rata," ucapnya. 

Agus menambahkan, petugas TPU Cikadut telah melaksanakan proses pemulasaran dengan protokol kesehatan secara ketat. Lainnya adalah pembatasan pihak keluarga yang akan berziarah, hanya dibatasi dua sampai tiga orang saja. 

"Bukan enggak boleh berziarah, tapi kita ikuti protokol. Contohnya hanya bisa melakukan ziarah dua sampai tiga orang saja. Kita batasi karena tidak boleh berkumpul di masa AKB ini. Bukan kita melarang, tetapi dibatasi," ujar dia. (Yogo Triastopo)