Hore, Tahun Depan KPU Kab. Cirebon Punya Gedung Sendiri

Hore, Tahun Depan KPU Kab. Cirebon Punya Gedung Sendiri
istimewa

INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon, sudah menyiapkan tanah seluas 7.500 meter, untuk pembangunan gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon. Lokasinya berada di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sumber.

"Mintanya sih 4000 meter, tapi kita sediakan 7500 meter," kata Bupati Cirebon, Imron, Sabtu (12/9/2020).

Imron menjelaskan, meskipun tanahnya sudah tersedia, namun pembangunan gedung tersebut belum bisa dilakukan tahun ini. Pasalnya, sejumlah anggaran dilakukan refocusing untuk penanganan covid-19. Rencananya, pembangunan gedung KPU akan mulai dibangun tahun depan. Pemkab Cirebon juga akan menganggarkan pembangunan tersebut.

"Insya Allah tahun depan dianggarkan untuk pembangunan gedung KPU," ungkap Imron.

Imron berharap, KPU bisa memberikan pendidikan politik yang maksimal kepada warga. Sehingga nantinya, keterlibatan warga dalam Pemilihan Umum (Pemilu), bisa meningkat signifikan. Selain itu, warga bisa memahami siapa calon yang layak dipilih, dengan melihat kemampuan yang dimiliki. Agar nantinya, pemimpin yang menjabat benar-benar bisa memajukan Kabupaten Cirebon.

"Jangan sampai menjadi pemilih yang emosional," jelasnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi mengatakan, pihaknya memang membutuhkan gedung yang baru. Hal tersebut berdasarkan tuntutan pekerjaan dan tata kelola organisasi yang harus dilakukan.

Dia menyambut baik suport dari Pemkab Cirebon terutama terkait rencana pembangunan gedung kantor KPU nanti.

"SK dari Bupati terkait pembangunan gedung tersebut sudah keluar. Bahkan, penetapan lokasi dari Kimrum, juga sudah keluar. Saya optimis masuk dalam anggaran murni tahun depan. Nanti tahun 2022, kami sudah memiliki gedung baru," aku Sopidi.

Sopidi menambahkan, pembangunan gedung  KPU bisa menjadi sejarah tersendiri bagi KPU Kabupaten Cirebon. Alasannya, gedung yang akan dibangun nanti, terintegrasi dengan gedung pertemuan, kegiatan rutin dan juga gudang logistik.

" Gedung yang lamanya, nanti akan kembali diserahkan ke Pemda. Gedung baru juga bukan hibah, tapi masih aset Pemda," tukasnya. (maman suharman)