Kawasan Cibinong Raya Bakal Ditata

Kawasan Cibinong Raya Bakal Ditata
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Demi menata Kawasan Cibinong Raya lebih tertib berlalu lintas, Pemkab Bogor pun akan membangun park and ride, menyediakan transportasi massal dan lainnya.

"Pemkab Bogor akan membangun sejumlah park and ride di Jalan Gor Pakansari serta Jalan Tegar Beriman, kami juga menyediakan transportasi massal," kata kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Ade Yana kepada wartawan, Minggu, (13/9/2020).

Dia menerangkan, selain itu  jajarannya juga akan membangun shuttle bus atau sub terminal busway di Sentul, Babakan Madang.

"Ke depan kami juga akan membangun terminal busway di Sentul, Babakan Madang dan beberapa shuttle bus dari Sentul, Pakansari, Cibinong hingga Shuttle Bus di Kecamatan Bojonggede. Untuk angkutan kota (angkot) yang bersinggungan akan kami alihkan jalurnya ke jalur pendek namun padat penumpangnya," terangnya.

Untuk menata Kawasan Cibinong Raya ini, Bupati Bogor Ade Yasin pun memerintahkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk kerja bareng membangun wajah dari Kabupaten Bogor.

"Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umumdan Penataan Ruang, Dinas Perhubungan dan Satpol saya perintahkan kerja bareng dan jangan kerja sendiri-sendiri hingga penataan kota Cibinong Raya jadi tidak beraturan," kata Ade.

Dia menjelaskan, pelaksanaan penataan Kawasan Cibinong Raya akan dilakukan pada 2021 dan rencana pagu anggarannya disusun pada tahun ini.

"Pelaksanaan penataan Kawasan Cibinong Raya mulai dari pembebasam lahan, pembangunan fisik insfrastruktur hingga lainnya akan dilaksanakan pada tahun depan, Tahun 2020 ini kami siapkan anggaran di SKPD masing-masing dengan prakiraan anggaran Rp200 miliar," jelasnya.

Ade melanjutkan penataan Kawasan Cibinong Raya ini tidak berikut membangun Terminal Cibinong, karena saat ini Pemkab Bogor terkendala ketidak pemilikan lahan.

"Lahan untuk Terminal Cibinong masih ada kendala di status lahannya (jadi pembangunan Terminal Cibinong yang baru tidak masuk dalam penataan Kawasan Cibinong Raya pada 2021 mendatang)," lanjut Ade. (Reza  Zurifwan)