Satu Pemain Persik Positif Covid-19, Ini Tanggapan Robert Alberts dan I Made Wirawan

Satu Pemain Persik Positif Covid-19, Ini Tanggapan Robert Alberts dan I Made Wirawan
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Satu peserta Liga 1 2020 positif terpapar Covid-19. Dia adalah bek Persik Kediri, Andri Ibo. 

Kepastian itu disampaikan oleh akun Twitter resmi Persik, @persikfckediri. Dalam tweetnya, Andri Ibo merupakan orang tanpa gejala.

Saat ini, Andri Ibo sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Kilisuci, Kota Kediri. Pihak manajemen klub masih melakukan isolasi sampai bek 30 tahun itu dinyatakan negatif Covid-19. 

Menanggapi hal itu, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengatakan sudah sepantasnya Andri Ibo menjalani isolasi mandiri. Hal itu juga dilakukan pemainnya Wander Luiz saat dinyatakan positif terpapar Covid-19 saat jeda Liga 1 2020.

"Sama seperti yang pernah terjadi pada kami, kami juga pernah mempunyai pemain yang terpapar corona. Dia harus diisolasi selama dua pekan tanpa ada gejala apapun," kata Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (14/9/2020). 

Robert juga berharap Liga 1 2020 tetap harus berjalan meski satu pemain terpapar Covid-19. Ini juga, kata Robert, dilakukan Liga lainnya di dunia. 

"Jika melihat di seluruh dunia, pemain yang mengalami Corona diisolasi dan kompetisi tetap berjalan. Yang terpenting adalah kesehatan, jadi semua harus mengikuti protokol, itu yang terpenting, karena berdampak pada keselamatan, jadi semua bisa terhindar dari virus," jelasnya.

Senada diungkapkan kiper Persib, I Made Wirawan. Dia berharap protokol kesehatan benar-benar bisa dilakukan. Sehingga Liga 1 2020 terbebas dari Covid-19. 

"Kekhawatiran itu pasti ada, tapi kita berharap di setiap tim benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang disiplin, baik, tegas," kata Made. 

Made juga meminta seluruh klub untuk terbuka jika ada yang terpapar Covid-19. Sehingga penyebaran Covid-19 bisa segera dihentikan. 

"Kalau memang ada, kita fair gak usah ditutup-tutupi dan dicek secara pasti, ada swab test juga. Kalau tidak ada yang positif, kita lebih bisa enjoy," tutup Made. (Muhammad Ginanjar)