XL Axiata Salurkan 225 Ribu Paket Internet Gratis Pelajar di KBB

XL Axiata Salurkan 225 Ribu Paket Internet Gratis Pelajar di KBB
istimewa

INILAH, Bandung - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan sekitar 225.000 paket internet gratis khusus bagi pelajar di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Penyaluran dilakukan melalui lebih dari 845 sekolah yang berada di berbagai kecamatan di KBB antara lain Batujajar, Cikalongwetan, Cihampelas, Cililin, Cipatat, Cipendeuy, Lembang, Ngamprah, dan Padalarang. Penyaluran telah dilakukan sejak awal September 2020.

“Kami di XL Axiata berkomitmen kuat untuk mendukung program pemerintah guna meringankan beban peserta didik dan guru, yang harus mengikuti dan menyelenggarakan PJJ (pembelajaran jarak jauh) selama pandemi masih berlangsung. Kami sangat memahami persoalan yang dihadapi sebagian pelajar dan guru yang harus mengeluarkan dana tambahan untuk membeli kuota data agar bisa terus mengikuti PJJ," kata Group Head Central Region XL Axiata Rd Sofia Purbayanti, Senin (14/9/2020).

Hingga saat ini XL Axiata telah menyalurkan 1 juta paket internet gratis ke sekitar 5.200 sekolah di 16 kota/kabupaten di Jawa Barat. Menurut Sofia, Tim XL Axiata terus menyalurkan bantuan ini ke sekolah-sekolah lainnya di wilayah KBB. Dia berharap penyaluran paket internet gratis ini bisa membantu memperlancar pelaksanaan PJJ.

Paket internet gratis khusus bagi pelajar yang diberikan berupa kartu AXIS yang di dalamnya sudah tersedia kuota sebesar 30GB untuk akses internet selama dua bulan. Dengan total kuota gratis sebesar itu, para pelajar dapat menggunakan paket ini untuk mengakses berbagai aplikasi penunjang belajar dan PJJ. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas, antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom. 

Selain itu kuota gratis tersebut juga bisa dipakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Dari sisi jaringan, XL Axiata juga memastikan jaringan 4G telah tersedia dan melayani masyarakat di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat, termasuk untuk melaksanakan PJJ. Kualitas jaringan terus XL Axiata pantau sehingga bisa mendukung akses ke berbagai jenis layanan data, termasuk untuk membuka konten-konten digital berukuran besar.

Sementara itu, Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan mengatakan dalam menghadapi masa ini, semua pihak harus bersinergi. Pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif dari XL Axiata sebagai operator telekomunikasi dan layanan internet melalui bantuan paket internet ini. 

"Masalah kuota data memang menjadi persoalan riil yang dihadapi banyak siswa kami sejak PJJ dilaksanakan. Bantuan ini memang sangat kami perlukan. Bantuan kuota data gratis dari XL Axiata ini akan sangat membantu meringankan beban para orang tua murid," ujar Hengky. (*)