Cimahi Masuk Zona Merah, Besok Terapkan PSBM

Cimahi Masuk Zona Merah, Besok Terapkan PSBM
net

INILAH Cimahi - Kembali masuk zona merah, Kota Cimahi pun bakal kembali menerapkan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM). Saat ini, kasus Covid-19 di Kota Cimahi mengalami peningkatan secara drastis. Kasus positif mencapai 260 orang. 

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan, penyebab Cimahi kembali masuk zona merah lantaran bebasnya aktivitas masyarakat di luar rumah dengan tidak menerapkan protokol kesehatan. 

"Iya dikabari langsung Pak Gubernur kalau Cimahi masuk zona merah lagi, jelas tidak menggembirakan buat kita semua," ungkap Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna saat ditemui, Senin (14/9/2020).

Saat ini jumlahnya 69 orang positif aktif, 185 dinyatakan sembuh, dan 6 orang meninggal dunia. Penyebaran hampir di semua wilayah Kota Cimahi. Namun, Ajay mengaku kasus positif Covid-19 di Cimahi kebanyakan merupakan kasus impor. Seperti masyarakat yang melakukan perjalanan luar daerah lalu terpapar COVID-19. 

"Positif di Cimahi ini kebanyakan perjalanan dari luar kota. Itu yang harusnya diantisipasi, banyaknya OTG jadi tidak ada gejala dan tidak terasa apa-apa," ujarnya. 

Sebagai langkah antisipasi semakin banyaknya penyebaran, pihaknya kembali akan PSBM mulai Selasa (15/9/2020) dengan fokus pengetatan pengawasan aktivitas masyarakat di tingkat kelurahan. 

"Kita sudah membewarakan ke setiap lurah agar ketua RW di setiap kelurahan mengunci wilayahnya masing-masing. Besok PSBM mulai berlaku lagi," katanya.

Pemberlakuan PSBM tersebut sudah dikoordinasikan dengan Gubernur Jawa Barat. Teknis penerapannya pun tak berbeda jauh dengan yang dilakukan beberapa bulan silam. 

"Jadi kita melakulan seperti dulu, orang tidak keluar masuk seenaknya. Yang menginap hubungi lurah dan masuk ke puskesmas lalu rapid, baru diizinkan menginap," katanya. 

Selain itu, pihaknya juga bakal kembali memberlakukan razia masker untuk masyarakat di pusat keramaian dan menertibkan pasar tumpah yang jadi salah satu tempat berkumpulnya massa. Razia masker akan dilberlakukan bertepatan dengan penerapan PSBM. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan empat daerah yang saat ini masuk zona merah. Dari keempat daerah itu, salah satunya Kota Cimahi.

"Minggu ini, zona merahnya ada empat yaitu Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Cimahi," katanya. (Ahmad Sayuti)