Kadisdik Jabar: Tak Ada Klaster Covid-19 di Sekolah!

Kadisdik Jabar: Tak Ada Klaster Covid-19 di Sekolah!
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi menyebut sampai saat ini tak ada klaster penyebaran Covid-19 yang berasal dari sekolah. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi menyebut sampai saat ini tak ada klaster penyebaran Covid-19 yang berasal dari sekolah.

"Setelah ditelusuri, ternyata berasal dari lingkungan keluarga yang terpapar," ujar Dedi, Selasa (15/9/2020).

Dedi menegaskan, pihaknya menjamin penuh hak utama anak. Yakni hak hidup, hak kesehatan, dan hak pendidikannya. Sehingga, pada masa pandemi ini, pendidikan akan tetap dilakukan dengan mengutamakan keselamatan peserta didik.

Adapun pembukaan pembelajaran tatap muka, lanjut Dedi, hanya dilakukan di sekolah yang memang lingkungannya telah zona hijau dan diutamakan di daerah blank spot (sulit akses internet).

"Namun, kebijakan tersebut tetap melibatkan izin orang tua," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat, Iwan Hermawan menyarankan pemerintah jangan terlalu cepat membuka pembelajaran tatap muka, terlebih di daerah yang belum dikatakan aman. 

"Jangan terlalu cepat dan harus waspada. Harus waspada, tapi jangan jadi penakut. Presiden Jokowi juga bilang untuk bersabar, baik guru, siswa atau orang tua, semuanya harus bersabar," pungkasnya. (Okky Adiana)