Garut Zona Oranye, Bupati Rudy Wajibkan SKPD Kirim Relawan Gugus Tugas

Garut Zona Oranye, Bupati Rudy Wajibkan SKPD Kirim Relawan Gugus Tugas
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Terus meningkatnya kasus baru positif Covid-19 membuat Kabupaten Garut kini masuk zona oranye level kewaspadaan Covid-19. 

Hingga 14 September 2020, total kasus Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai sebanyak 6.628 kasus dengan 125 kasus di antaranya positif Covid-19. 

Kendati masuk zona oranye, Bupati Garut Rudy Gunawan optimis bisa menanganinya. 

"Meski secara umum Kabupaten Garut ada di zona orange, namun Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri bertekad untuk melakukan langkah besar untuk meminimalisasi penyebaran covid-19," kata Rudy, Senin (14/9/2020).

Rudy pun mewajibkan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Garut menunjuk sedikitnya sepuluh pegawainya menjadi Sukarelawan Gugus Tugas Covid-19 Garut dengan tugas khusus mendorong pendisiplinan protokol kesehatan pada masyarakat. 

"Kami mewajibkan minimal sepuluh dari masing-masing SKPD untuk menjadi sukarelawan, karena yang  akan kita sasar sekarang ini adalah disiplin protokol kesehatan sesuai Perbup No. 47 Tahun 2020 (tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19)," kata Rudy. 
Dia pun minta setiap SKPD mengupayakan ada kendaraan khusus dengan menggunakan uniform.

Selain pembentukan sukarelawan, Rudy menyebutkan, pihaknya juga telah menyiapkan Gedung Puspa Utama dengan seratus ruangan isolasi, dan akan membagikan 250 ribu masker bantuan dari Dinas Koperasi dan KUKM Provinsi Jawa Barat. Maskter akan dibagikan melalui SKPD, TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, hingga kelurahan yang memiliki tingkat infeksi tinggi. 

"Pemetaan implementasi di lapangan di bawah koordinasi tim surveilans dari Dinas Kesehatan," ujarnya.(zainulmukhtar)