Sensus Penduduk 2020, Tunawisma dan Gelandangan pun Dihitung

Sensus Penduduk 2020, Tunawisma dan Gelandangan pun Dihitung
net

INILAH, Bandung - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar Dyah Anugrah Kuswardani mengatakan, saat ini pihaknya melakukan verifikasi lapangan Sensus Penduduk 2020. Tak hanya penduduk yang memiliki rumah, para tunawisma pun tak luput dari perhitungan.

"Rencananya, Selasa (15/9/2020) malam akan ada kegiatan Sensus Night. Kegiatan ini bertujuan untuk mencatat penduduk yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap seperti gelandangan atau tunawisma," kata Dyah, Selasa (15/9/2020).

Untuk itu, BPS Jabar berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk keamanan dan kelancaran kegiatan.

Guna pendataan itu, petugas sensus akan mendatangi terminal Cicaheum dan kawasan Tegallega, Kota Bandung. Kegiatan akan dilakukan mulai pukul 21.00 WIB.


Dyah mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 pihaknya tetap melaksanakan sensus sesuai amanat perundang-undangan, rekomendasi PBB, dan sebagai implementasi Perpres Satu Data Indonesia. 

Sensus Penduduk 2020 merupakan kegiatan untuk mencatat dan updating cakupan seluruh penduduk Jabar dengan tujuan untuk mengumpulkan data penduduk menurut jenis kelamin, status keberadaan dan kepemilikan NIK de jure dan de facto untuk menuju satu data kependudukan Indonesia. (*)