TNI dan Polri Terus Tingkatkan Sinergitas SDM

TNI dan Polri Terus Tingkatkan Sinergitas SDM
istimewa

INILAH, Bandung - TNI dan Polri terus meningkatkan sinergitas dalam mendukung program pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan pembangunan nasional menuju Indonesia maju. 

Dua naskah penting lahir dari sinergitas kedua institusi. Naskah pertama yakni Naskah Induk Pasis Sesko TNI dan Serdik Sespimti Polri. Naskah tersebut berjudul "Konsepsi Integrasi TNI Polri Bersama Komponen Bangsa Lainnya Guna Mendukung Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menjamin Kelangsungan Hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia". 

Kemudian naskah kedua datang dari Pasis Sesko Angkatan dan Serdik Sespimmen Polri. Naskah berjudul "Optimalisasi Integrasi TNI Polri Bersama Komponen Bangsa Lainnya Guna Mendukung Program Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Rangka Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat".

Kedua naskah gabungan sudah diserahkan perwakilan Pasis Sesko TNI kepada Dansesko TNI Marsdya TNI Dedy Permadi, disaksikan secara daring di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (11/9/2020) lalu. 

Dalam paparannya, Dansesko TNI Marsyda TNI Dedy Permadi menilai sinergitas dan integrasi TNI-Polri bersama komponen bangsa lainnya sangat penting dalam menghadapi berbagai macam ancaman dalam mewujudkan pembangunan nasional menuju Indonesia Maju.

"Melalui hasil seminar berupa naskah, dapat menjawab tantangan tugas dengan meningkatkan kepedulian sebagai anak bangsa," ujarnya.

Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal menyatakan hal serupa. Naskah gabungan itu dinilainya akan menjadi masukan penting bagi pemerintah. 

"Khususnya bagi pembina TNI dalam merumuskan strategi dan kebijakan ke depan demi membangun SDM unggul untuk pembangunan nasional," katanya.

Sebagai informasi, penyerahan naskah gabungan merupakan puncak kegiatan PKB Juang yang digelar selama lima hari sejak Senin (7/92020). Selama kegiatan, para peserta yang terdiri dari personel TNI-Polri juga melakukan berbagai kegiatan, seperti bakti sosial dan olah raga. 

Sejumlah kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menumbuhkan sinegi antara TNI-Polri. Meski di tengah pandemi Covid-19, sinergi tersebut harus terus dibangun guna mencapai tujuan pembangunan nasional. 

Salah satunya dengan cara merumuskan integrasi bersama komponen bangsa lainnya dalam mendukung program pembangunan sumber daya manusia unggul.

Perumusan dituangkan melalui naskah gabungan yang disusun dalam Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) 2020. 

Salah satu peserta didik Sespimmen Dikreg Ke-60 Lemdiklat Polri TA 2020, Kompol Dandung P Wibowo mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan tersebut hadir demi kebaikan bersama Bangsa Indonesia di masa mendatang.

Dandung menambahkan, para peserta didik mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga dalam kegiatan PKB Juang 2020. Semangat bersama, bersinergi demi memberikan masukan berharga untuk kemajuan Tanah Air menjadi kunci penting.

"Saya secara pribadi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena itu sebagai salah satu cara kami memberikan sumbangsih untuk pembangunan manusia unggul dalam rangka terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia," pungkas Dandung. (Ahmad Sayuti)